Berita Bangka Tengah

Tidak Istithaah dan Vaksin, Otomatis Akan Batalkan Keberangkatan Haji

Vaksin menjadi satu faktor penentu untuk diberangkatkannya seseorang calon haji karena Vaksin ini sangat penting bagi calon jemaah haji

Tidak Istithaah dan Vaksin, Otomatis Akan Batalkan Keberangkatan Haji
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Kartu Kesehatan Jemaah Haji Indonesia Bangka Tengah 

BANGKAPOS.COM -- 173 Calon Jemaah Haji Bangka Tengah dihimbau untuk melakukan proses Vaksinasi Meningitis sebelum melakukan perjalanan Ibadah Haji tahun 1440 Hijriah atau 2019 Masehi atau pemberangkatan dibatalkan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Staf Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Pengelola Program Kesehatan Haji Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Irma Handayani ketika ditemui bangkapos.com di ruang kerjanya pada Rabu, (27/3/2019).

Irma mejelaskan ada empat kategori Istithaah Haji yaitu memenuhi syarat istithaah kesehatan haji, memenuhi syarat kesehatan dengan pendampingan, tidak memenuhi syarat untuk sementara seperti penyakit tertentu dan tidak memenuhi syarat seperti penyakit berat.

Vaksin menjadi satu faktor penentu untuk diberangkatkannya seseorang calon haji karena Vaksin ini sangat penting bagi calon jemaah haji mengingat Indonesia dan Arab Saudi memiliki cuaca dan kondisi alam yang berbeda.

"Pelaksanan Vaksin ini dilakukan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Provinsi Bangka Belitung dan tidak dipungut biaya, namun vaksin atau imunisasi diluar Vaksin Meningitis akan dikenakan biaya", ujar Irma.

Setelah calon Jemaah Haji Indonesia melakukan Vaksin maka akan mendapatkan Kartu Kesehatan Jemaah Haji Indonesia atau International Certificate Of Vaccination or Prophylaxis (ICFP).

"Kartu ini telah digunakan sejak Musim Haji 2018 dan menggantikan Buku Kesehatan Jemaah Haji Indonesia", jelas Irma.

Kegiatan Vaksinasi akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Bangka Tengah sekitar Minggu Pertama Mei 2019.

Irma menghimbau semua calon Jemaah Haji Indonesia dari Bangka Tengah untuk mengikuti kegiatan vaksinasi agar kesehatan tidak terganggu selama menunaikan Ibadah Haji.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved