Berita Belitung

Cheng Beng, Kepala Dinas Pariwisata Ungkap Tiket Pesawat ke Belitung Makin Sulit Didapat

Kegiatan Dinas Pariwisata dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia harus tertunda karena staf kementerian tak kebagian tiket ke Belitung.

Cheng Beng, Kepala Dinas Pariwisata Ungkap Tiket Pesawat ke Belitung Makin Sulit Didapat
Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto. 

BANGKAPOS.COM  -  Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan momen Cheng Beng memang selalu memengaruhi tingkat kunjungan di Belitung. Ini dikarenakan banyak etnis Tionghoa yang melaksanakan sembahyang kubur.

Dikatakannya, kegiatan Dinas Pariwisata dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia harus tertunda karena staf kementerian tak kebagian tiket ke Belitung.

"Kegiatan Dinas Pariwisata dengan Kementerian Pariwisata harus tertunda yang awalnya harusnya dilakukan 29 Maret hingga harus diundur hingga 8 April. Karena mereka (staf Kemenpar, red) tidak kebagian tiket pesawat ke Belitung," ujarnya.

Selain itu, ia yang mendapat undangan kegiatan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) di Jakarta terancam tak bisa hadir karena belum dapat tiket ke Jakarta atau pun kembali ke Belitung.

"Indikasi ini menunjukkan bahwa memang saat ini kunjungan ke Belitung mengalami peningkatan," jelasnya.

Banyaknya kunjungan dari luar daerah bahkan luar negeri saat momen Cheng Beng ini, lanjut Hermanto memang akan berdampak pada berbagai sektor. Karena ketika kembali, para wisatawan tentu akan membawa suvenir dan oleh-oleh bagi keluarga yang tak sempat pulang ke Belitung.

Menurutnya, sektor yang paling mendapat pengaruh terutama kuliner seperti oleh-oleh dan makanan olahan. Sedangkan kalau komoditi lainnya belum memiliki pengaruh signifikan.

Peluang-peluang seperti ini tentunya dapat dimanfaatkan bagi pelaku wisata maupun pelaku usaha. Apalagi kondisi tingginya tarif pesawat hingga kebijakan bagasi berbayar sempat membuat pelaku usaha dan pelaku wisata terpuruk.

"Sedikit demi sedikit ini ada perbaikan ke depan, itu yang diharapkan," tambahnya.

Ia pun menambahkan, dari Dinas Pariwisata memang tidak akan melakukan kegiatan atau acara khusus terkait Cheng Beng.

"Sudah dilaksanakan melalui Kemenpar, tapi kalau momen Cheng Beng tidak ada event khusus yang digelar karena nuansa yang berbeda. Kalau Cap Go Meh perayaan, kalau kali ini kan lebih ke ziarah, jadi tidak ada event yang dilaksanakan," tutur Hermanto.

(Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved