Advertorial

Musrenbang Akselerasi Pencapaian Visi Misi Bangka Selatan

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar Musyawarah Pe­rencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2020.

Musrenbang Akselerasi Pencapaian Visi Misi Bangka Selatan
ISTIMEWA/HUMAS PEMKAB BASEL
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 berlangsung di Balai Daerah Pemkab Basel, Rabu (27/3). 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar Musyawarah Pe­rencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020.

Musrembang yang me­ngusung tema ‘Percepatan Peningkatan Kapasitas Daya Saing Sumber Daya Manusia Berbasis Arah dan Kebijakan Pembangunan Kewilayahan berlangsung di Balai Daerah Pemkab Basel, Rabu (27/3).

Bupati Bangka Selatan, H Justiar Noer menyebut Musrenbang Kabupaten/Kota merupakan satu diantara wujud nyata dari pelaksanaan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Pe­rencanaan Pembangunan Nasional.

Justiar Noer mengatakan perencanaan diartikan sebagai proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan memperhitungkan sumber daya yang tersedia.

“Sumber daya itu adalah potensi, kemampuan dan kondisi lokal, termasuk anggaran yang dikelola untuk dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu melalui forum Musrenbang diharapkan juga akan terbentuk pengembangan partisipasi masyarakat dalam setiap proses dan pelaksanaan pembangunan daerah,” kata Justiar, Rabu (27/3).

Lanjutnya Musrembang RKPD merupakan rangkaian proses perencanaan partisipatif yang dimulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan tingkat nasional.

Untuk itu, melalui Musrembang ini, dirinya berharap dokumen RKPD harus terjadi sinkronisasi dengan RPJMD dan rencana strategis perangkat daerah.

Terwujudnya perencanaan pembangunan yang komprehensif, terarah, terukur dan berkelanjutan guna menjawab kebutuhan desa dan kecamatan. Baik bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN untuk kemudian dituangkan dalam dokumen Rencana Kerja Perangkat Daerah.

“Hal yang ingin dicapai adalah akselerasi, adanya upaya-upaya percepatan dalam mencapai visi dan misi Pemkab Basel dalam periode 2016-2021 yakni mewujudkan Basel mandiri, maju, sejahtera dan berdaya saing,” bebernya.

Pada kesempatan itu, dirinya mengimbau seluruh organisasi perangkat daerah mengikuti prioritas pembangunan daerah. Ini bertujuan meminimalisir permasalahan baik di bidang ekonomi, sosial dan infrastruktur serta memperhatikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan tetap memperhatikan nilai dan budaya masyarakat setempat.

Untuk itu, diperlukan OPD dan ASN yang berkualitas, berdisiplin, memiliki etos kerja yang tinggi dalam melaksanakan berbagai program pembangunan dan pelayanan publik.

“Mari bersama seluruh perangkat daerah agar tetap berupaya keras meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara profesional dan akuntabel. Selain itu, perlu juga dioptimalkan sumber-sumber dana melalui APBN maupun kerja sama swasta dalam rangka peningkatan investasi di daerah,” imbuhnya.

Musrembang dihadiri Anggota DPD RI Dapil Bangka Belitung Hudarni Rani, Wakil Bupati Riza Herdavid, Wakil Ketua DPRD Samsul Bahri, Kapolres AKBP Aris Sulistyono SH,MH, unsur Forkopimda, Plt Sekda Basel Agus Pratomo, Kepala Bidang Perencanaan, Evaluasi dan Informasi Daerah Bappeda Babel, Agung Demwi Candra, akademisi, kepala OPD dan instansi vertikal lainnya. (adv/ara/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved