Berita Sungailiat

Kabupaten Bangka Raih Penghargaan Bidang Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan 10 Terbaik

Kabupaten Bangka secara berturut mewakili Kabupaten/Kota di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke tingkat nasional.

Kabupaten Bangka Raih Penghargaan Bidang Perencanaan dan Pencapaian Pembangunan 10 Terbaik
ist/Kominfo Bangka
Pemerintah Kabupaten Bangka berhasil meraih prestasi bergengsi di tingkat Nasional. Penghargaan terbaik itu diraih di bidang perencanaan dan pencapaian pembangunan sebagai 10 perencana terbaik tingkat nasional dalam kompetisi Penghargaan Pembangunan Daerah. 

BANGKAPOS.COM -- Pemerintah Kabupaten Bangka berhasil meraih prestasi bergengsi di tingkat Nasional. Penghargaan terbaik di bidang perencanaan dan pencapaian pembangunan sebagai 10 perencana terbaik tingkat nasional dalam kompetisi Penghargaan Pembangunan Daerah. 

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas kepada Kabupaten/Kota dan Provinsi yang memiliki kualitas dokumen perencanaan dan pencapaian pembangunan terbaik di Indonesia tahun 2019.

Sebelumnya, pada 2018, Pemerintah Kabupaten Bangka juga telah ditetapkan menjadi perencana terbaik ke-6 tingkat nasional.

Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan, memberikan apresiasi kepada Bappeda Kabupaten Bangka sebagai organisasi perangkat daerah yang bertanggungjawab dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan sekaligus telah melakukan terobosan melakukan inisiasi inovasi di bidang perencanaan pembangunan

"Hasil kerja keras ini, menunjukkan Kabupaten Bangka telah memberikan bukti dan komitmen kuat dalam menghasilkan dokumen perencanaan yang berkualitas serta pencapaian target yang rasionalistik. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan bahkan meningkat pada tahun ke depan,"ungkap Mulkan, dalam rilis yang diterima bangkapos.com, Rabu (3/4//2019).

Penghargaan pembangunan Daerah yang diraih oleh Kabupaten Bangka ini belum final karena akan ada penilaian tahapan verifikasi lapangan oleh tim penilai dari pusat. Ada peluang dan harapan besar Pemerintah Kabupaten Bangka masuk dalam nominasi 3-5 besar nasional.

"Penghargaan ini adalah bentuk kerja keras daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan. Saya berharap, penghargaan ini mampu mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk terus merumuskan dan menghasilkan dokuemn perencanaan yang berkualitas serta menyiapkan dokumen perencanaan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan," jelasnya.

Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Mawroto, mengatakan setelah menjadi pemenang pertama di bidang perencanaan pembangunan sejak tahun 2015 sampai 2019, Kabupaten Bangka secara berturut mewakili Kabupaten/Kota di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke tingkat nasional.

"Kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas. Tim Penilai terdiri atas Tim Penilai Independen, Tim Penilai Utama, dan Tim Penilai Teknis yang mempunyai kompetensi dan kepekaran pengetahuan dan pemahaman teknik mengenai perencanaan dan kebijakan publik termasuk pembangunan ekonomi, pengembangan wilayah, kelembagaan, serta disiplin ilmu lainnya,"jelasnya.

Pan Budi Marwoto menjelaskan penetapan penghargaan pembangunan daerah yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Bangka pada tahun 2019 ini telah melalui tahapan penyeleksian yang sangat ketat yaitu penilaian terhadap dokumen perencanaan daerah di tingkat Provinsi.

 "Penilaian proses penyusunan dokumen perencanaan di tingkat nasional. Setelah dilakukan penilaian dokumen di tingkat nasional dan ditetapkan 10 perencana terbaik selanjutnya tim penilai akan melakukan verifikasi melalui kunjungan ke lapangan diteruskan dengan FGD, pemaparan dan wawancara, serta penetapan usulan daerah terbaik oleh Tim Penilai,"lanjutnya

Menurutnya perbedaan penilaian pada tahun 2019, sistem penilaian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama, Tim Penilai melakukan verifikasi dokumen perencanaan di tingkat provinsi dan pusat. Bagi pemerintah kabupaten/kota dan provinsi yang lolos penilaian verifikasi dokumen di pusat akan dinilai kembali oleh Tim Penilai di lapangan.

 "Beberapa indikator pencapaian pembangunan yang dinilai dalam Penghargaan Pembangunan Daerah ini meliputi capaian indikator pembangunan ekonomi makro dan sosial meliputi pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, tingkat kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, ketimpangan rasio gini serta Indeks Ketimpangan Wilayah,"lanjutnya

"Sementara aspek penilaian kualitas dokumen mencermati proses penyusunan dokumen perencanaan, pencapaian pelaksanaan dokumen perencanaan, dan inovasi yang dikembangkan di daerah,"katanya.

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved