Advertorial

Giliran Petani Lada Payung Diberi Motivasi Gubernur Erzaldi, Tanam Lada Jangan Terpengaruh Harga

Ratusan Petani Lada Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan yang diberikan motivasi tentang Lada oleh Gubernur Babel

Giliran Petani Lada Payung Diberi Motivasi Gubernur Erzaldi, Tanam Lada Jangan Terpengaruh Harga
Bangka Pos
Giliran Petani Lada Payung Diberi Motivasi Gubernur Erzaldi - Tanam Lada jangan Terpengaruh oleh Harga 

BANGKAPOS.COM -- Setelah Petani di sejumlah Desa di Kabupaten lainnya di Pulau Bangka, Selasa (2/4/2019), giliran ratusan Petani Lada Desa Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan yang diberikan motivasi tentang Lada oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman.

Motivasi terhadap ratusan Petani di Desa Payung Kecamatan Payung Kabupaten Bangka Selatan yang dilaksanakan di Balai Desa ini, dikemas dalam Kegiatan Peningkatan Kapabilitas Penyuluhan dan SDM Pertanian tahun Anggaran 2019 yang diselenggarakan Dinas Pertanian Babel.

Gubernur Erzaldi mengatakan, para Petani Lada dalam menanam lada jangan terpengaruh oleh harga lada, sebab harga lada sangat dipengaruhi oleh harga pasar dunia.

Oleh sebab itu, Gubernur berharap Petani Lada tetap menanam lada walaupun harga lada sedang tidak stabil.

“Jangan terpengaruh oleh harga lada. Harga lada mau naik atau turun yang penting produktivitas lada tetap tinggi. Karena harga lada dipengaruhi oleh pasar,” tegasnya.

Lada Babel, ditegas lagi oleh Gubernur Erzaldi, lada yang berkulitas baik, sebab sudah di ekpor ke luar negeri.

“Karena berkulitas baik, maka lada Babel juga di campur oleh negara Vietnam untuk nantinya di eskpor ke Eropa,” sebut Gubernur.

Dalam meningkatkan produktivitas lada, Gubernur menganjurkan para Petani untuk menggunakan pupuk lada organik, tidak menggunakan pupuk lada berbahan kimia, sebab akan mempengaruhi produktvitas lada itu sendiri, dan kualitas lada menjadi kurang bagus.

“Kalau memakai pupuk kompos memang agak lama, karena proses, tapi hasilnya nanti bagus. Yang meneliti ini profesor,” tutur Gubernur Erzaldi dihadapan ratusan Petani Lada.

Untuk penanganan pupuk organik sendiri, lanjut Gubernur, akan dilakukan pendirian pabrik pupuk organik khusus untuk lada yang akan berdiri di Desa Pelempang.

Halaman
1234
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved