Cheng Beng

Dari Pantai Tongaci hingga Otak-otak Belinyu, Tempat yang Sering Dikunjungi Perayaan Cheng Beng

Pemerintah Kabupaten Bangka, tiap tahunya menyambut baik tradisi Cheng Beng yang dilakukan oleh warga Tionghoa di Bangka.

Dari Pantai Tongaci hingga Otak-otak Belinyu, Tempat yang Sering Dikunjungi Perayaan Cheng Beng
Bangka Pos/Riki
Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Asep Setiawan. 

BANGKAPOS.COM -- Pemerintah Kabupaten Bangka, tiap tahunya menyambut baik tradisi Cheng Beng yang dilakukan oleh warga Tionghoa di Bangka.

Dari momen ini banyak lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan dalam momen sembayang kubur atau Cheng Beng

Seperti Pantai Wisata Tongaci, Puri Tri Agung dan lokasi pemakaman yang ada di Kemujan Sungailiat. Lokasi itu menjadi pusat ramainya para wisatawan yang datang saat Cheng Beng.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Asep Setiawan, mengatakan lokasi-lokasi itu merupakam tempat yang biasa dikunjungi pada saat usai warga thionghoa melaksanakan tradisi cheng beng.

"Lokasi yang dikunjungi seperti ke pantai wisata tongaci, Puri Tri Agung, lalu untuk makanan otak otak mereka ke Belinyu, kalau untuk lokasi pemakaman yang banyaknya di Kemujan,"jelas Asep kepada wartawan, Jumat (5/4/2019).

Perayaan Cheng Beng tiap tahunya, dirasakan sama karena pasti ada warga Tionghoa yang pulang ke Bangka untuk melaksanakan sembayang kubur.

"Ya kita untuk menarik wisatawan, dengan adanya dukungan festival Bangka Culture Wave di Pantai Tongaci, disitu menjadikan lokasi berkumpul bersama menikmati pertunjukan dan nostalgia,"ujarnya

Asep menambahkan dengan kondisi harga tiket yang tinggi saat ini, membuat pelaksanaan Cheng Beng tidak sentral, dalam satu hari, namun bisa setiap hari dilakukan dalam satu Minggu.

"Walau saat ini harga tiket mahal, namun tetap saja pesawat penuh, mereka terus datang , tetapi konsentrasinya tidak dalam satu hari, namun dilakukan setiap hari dalam satu minggunya,"tukasnya

(Bangka Pos/Riki Pratama)

TONTON VIDEO PROF.UFI MENGIKUTI TRADISI CHEN BENG :

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved