Advertorial

Desa Kapit Maksimalkan BUMDes dan SDA

Sejak tahun 2016 pengembangan kepiting jenis bakau dan soka dilakukan Pemerintah Desa Kapit Kecamatan Parittiga, Bangka Barat.

Desa Kapit Maksimalkan BUMDes dan SDA
Bangka Pos
Budidaya Kepiting Bakau dan Soka Sejak 2016 

BANGKAPOS.COM -- "Jangan pernah takut untuk mencoba hal yang baik sehingga bisa menjadi contoh yang positif. Gagal sekali itu hal biasa sehingga dari situ bisa untuk memperbaiki diri," ujar Deni Ferdian Kepala Desa Kapit

Sejak tahun 2016 pengembangan kepiting jenis bakau dan soka dilakukan Pemerintah Desa Kapit Kecamatan Parittiga, Bangka Barat. Jenis kepiting bakau dan soka yang dikembangkan sudah menyebar pemasarannya hingga ke seluruh penjuru wilayah Bangka Belitung dan ada pula yang keluar pulau seperti Jawa dan Sumatera.

Upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa dan nelayan setempat yang yakin dengan prospek budidaya kepiting jenis bakau dan soka karena tingkat konsumsi kepiting jenis tersebut sangat dicari dan diminati oleh masyarakat luas.

Oleh karena itu unit usaha Badan Usaha Milik Desa yang dinamakan Sinar Antan bergerak dalam pembudidayaan kepiting dan juga melakukan peremajaan kebun desa dengan menanam kelapa sawit.

Kepala Desa Kapit, Deni Ferdian mengatakan pihaknya memiliki mimpi besar menjadikan Desa Kapit sebagi destinasi favorit para wisatawan lokal maupun luar pulau yang sedang bertamu ke Bangka Belitung. Tentunya dengan menyediakan beragam pilihan tempat yang bagus untuk dikunjungi sembari menikmati kepiting bakau dan soka langsung dari tambak.

Selain itu bisa menikmati ragam buah-buahan seperti durian, duku, dan jeruk manis yang nantinya akan dipusatkan di satu tempat yaitu di area hutan desa yang akan dikembangkan menjadi hutan wisata dan bumi perkemahan.

"BUMDes Sinar Antan dan unit usahanya bergerak di budidaya kepiting bakau. Selain itu BUMDes Mart pun sudah beroperasi dan dapat menjadi pilihan warga untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Kami juga selaku pemerintah desa akan menambah sub unit di BUMDes yaitu pengolahan pupuk organik dan pengolahan sampah seperti bank sampah," ujarnya.

"Insya Allah langkah yang kami prakarsai ini selaku pemerintah desa dan warga Desa Kapit kelak akan bisa dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat luas yang juga akan menjadi kebanggaan desa dan Bangka Barat," lanjutnya.

Dalam proses pembangunan desa dikatakan Sekdes Kapit Silvia Winada, penambahan-penambahan demi melengkapi infrastruktur di desa guna mendukung aktivitas warga tidak henti-hentinya dilakukan pihaknya.

"Selain pembangunan infrastruktur, kami juga senantiasa bersama warga membangun dan menciptakan harmoni dan kebersamaan yang baik dalam menjaga dan merawat desa ini. Partisipasi warga adalah suplemen buat kami melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat," ungkapnya.

Desa Kapit Maksimalkan BUMDes dan SDA
Desa Kapit Maksimalkan BUMDes dan SDA (Bangka Pos)
Halaman
12
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved