Sisa Makanan Berapa Lamakah Boleh Disimpan di Dalam Kulkas dan Aman Dikonsumsi?

Berapa Lama Sisa Makanan Boleh Disimpan di Dalam Kulkas dan Aman Dikonsumsi?

Sisa Makanan Berapa Lamakah Boleh Disimpan di Dalam Kulkas dan Aman Dikonsumsi?
thespruce.com
Ilustrasi menyimpan sisa makanan di kulkas 

BANGKAPOS.COM - Kebanyakan orang menganggap bahwa sisa masakan yang dibuat sendiri di rumah atau masakan rumahan akan aman-aman saja selama disimpan di dalam kulkas.

Padahal, kamu harus tahu bahwa menyimpan makanan sisa ini bisa saja menghilangkan kandungan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

Terutaman makanan segar, yang ketika disimpan dalam periode waktu tidak menentu dapat terkontaminasi dan menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut hingga keracunan makanan.

Kulkas.
Kulkas. (AltPhotos)

Lalu berapa lama makanan yang disimpan di kulkas dapat bertahan dan aman untuk dikonsumsi?

Dilansri TribunTravel dari Self, Katherine Zeratsky, R.D., L.D.,menyebutkan jika makanan di kulkas dapat bertahan setidaknya hingga tiga atau empat hari.

Setelah jangka waktu tersebut, maka risiko racun dalam makanan bisa meningkat.

Menyimpan makanan di kulkas.
Menyimpan makanan di kulkas. (wittyfeed.me)

Hal yang sama juga diungkapkan oleh seorang Consultant Nutritionst, Dr. Rupali Datta yang menyebutkan bahwa menyimpan sisa masakan dalam kurun waktu dua jam setelah dihidangkan maka sisa makanan itu sah-sah saja untuk disimpan di dalam kulkas selama tiga hingga empat hari.

Namun, mengonsumsi makanan sisa yang telah disimpan lebih dari 3 hingga 4 hari atau waktu yang direkomendasikan akan berpeluang lebih besar menimbulkan kemungkinan penyakit yang ditularkan melalui makanan.

Jika kamu hendak menyimpan sisa makanan rumah untuk jangka waktu lebih dari satu hingga dua hari, lebih baik jika dibekukan terlebih dahulu.

Ilustrasi
Ilustrasi (Thinkstockphotos)

Sedangkan untuk jenis hidangan sayuran yang dimasak ataupun hidangan kari, pastikan tidak terkontaminasi sebelum disimpan di dalam kulkas.

Dan jika kamu tidak dapat menghabiskan makanan yang kamu simpan setelah empat hari, sebaiknya segera masukkan makanan tersebut ke freezer.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved