Info Kesehatan

Terungkap Penyebab Jari Tangan Berbunyi 'Kretek' Setelah Dipijat

Menjelang sesi pijat selesai, biasanya masseur akan menarik jari-jari tangan dan kaki. Banyak orang menanti momen itu untuk akhirnya merasa lega

Terungkap Penyebab Jari Tangan Berbunyi 'Kretek' Setelah Dipijat
Istimewa
Pijat tangan 

bangkapos.com - Menjelang sesi pijat selesai, biasanya masseur akan menarik jari-jari tangan dan kaki.

Banyak orang menanti momen itu untuk akhirnya merasa lega setelah bunyi "kretek" terdengar ketika jari-jari ditarik.

Pernahkan bertanya-tanya, dari mana asalnya bunyi "kretek" itu? Sementara orang pada umumnya cenderung mengabaikan, para ilmuwan bergulat untuk menjelaskannya selama lebih dari 60 tahun terakhir.

JB Roston dan RW Haines adalah dua orang pertama yang mencoba menyuguhkan penjelasan fenomena tersebut lewat publikasi di Journal of Anatomy pada 1947.

Melakukan eksperimen dengan radiografi untuk memvisualisasikan kejadian tingkat jaringan saat jari ditarik, dua peneliti itu mengungkap bahwa sumber suara "kretek" itu adalah perubahan pada sendi otot jari.

Dalam kondisi normal, permukaan sendi otot metakarpal-falanges padat. Saat ada tarikan ringan, permukaan bisa mengembang namun tetap kompak.

Ketika jari-jari tangan ditarik kuat, permukaan sendi mengembang, tekanan pada cairan sendi meningkat sehingga gas yang terlarut pada cairan itu keluar.  

Proses itu mengakibatkan retakan dan ruang udara kecil pada sendi yang kerap kali disebut gelembung.

Nah, proses pembentukan gelembung ini yang menurut Roston dan Haines memicu bunyi "kretek".

Teori Roston dan Haines bertahan 24 tahun sebelum akhirnya A Unsworth dari Durham University mengguncangnya lewat punlikasi di Annual of Rheumatic Disease pada 1971.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved