Ketika F-16 dan Boeing 737 Surveillance TNI AU Ditempel F/A-18 Hornet US Navy yang Siap Menembak

Sial, salah satu F-16 berhasil di lock on oleh F/A-18 Hornet yang siap menembak dengan rudal Sidewindernya.

Ketika F-16 dan Boeing 737 Surveillance TNI AU Ditempel F/A-18 Hornet US Navy yang Siap Menembak
DOK. TRIBUN PONTIANAK
Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon 

BANGKAPOS.COM--Indonesia sebagai negara maritim mempunyai jalur penting bagi pelayaran dunia.

Bukan hanya pelayaran yang bersifat komersil, namun ada pula Armada ke-7 US Navy yang doyan wira-wiri entah itu dari Yokosuka, Jepang menuju Australia maupun sebaliknya.

Padatnya lalu lintas di laut dan udara di wilayah Indonesia ini mau tak mau harus disikapi siap siaga oleh pihak berwenang Indonesia karena mereka terkadang masuk tanpa izin.

Pada 3 Juli 2003 Gugus tempur Armada ke-7 Amerika berlayar dari Singapura dan hendak menuju Australia melewati Selat Karimata (ALKI I) lalu masuk ke Laut Jawa.

USS Carl Vinson
USS Carl Vinson (10news.com)

Namun saat melewati perairan Bawean, USS Carl Vinson menerbangkan 9 F/A-18 Hornet dari dek mereka untuk latihan rutin harian tepatnya pukul 11 siang.

Akibat latihan tak berizin tersebut, penerbangan sipil di Indonesia terganggu.

Akhirnya MCC (Military Civil Coordination – Pusat Koordinasi Radar Sipil – Militer) Ngurah Rai, Bali, melaporkan kegiatan ilegal US Navy ini ke Pusat Operasi Sektor (Posek) Hanudnas II Makassar.

Setelah sempat hilang-muncul di radar penerbangan sipil, maka Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) segera menerbangkan 2 F-16 yang bermarkas di Lanud Iswahjudi, Madiun.

Tujuan misi ialah melakukan identifikasi visual dan mengusir apapun yang menganggu penerbangan sipil di wilayah udara Indonesia.

Padahal para pilot F-16 TNI AU baru saja mendarat 20 menitan yang lalu usai melaksanakan Operasi Terpadu menggempur GAM di Aceh.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: GridHot.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved