Berita Belitung

Pelayanan Kesehatan Call Center 119, Bupati Belitung Minta Camat, Lurah dan Kades Sampaikan ke Warga

Nomor call center 119 ini merupakan sebuah inovasi terbaru bagi pemerintah Belitung untuk meningkatkan sebuah pelayanan kesehatan.

Pelayanan Kesehatan Call Center 119, Bupati Belitung Minta Camat, Lurah dan Kades Sampaikan ke Warga
Pos Belitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Senin (8/3) sudah melakukan peresmian Public Safety Center (PSC) 119. 

BANGKAPOS.COM - Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Senin (8/3/2019) sudah melakukan peresmian Public Safety Center (PSC) 119. PSC ini dibuat, untuk memberikan pelayanan kesehatan secara darurat.

Kode telepon yang bisa dihubungi oleh masyarakat secara langsung adalah nomor 119 dan petugas kesehatan langsung datang ke lokasi.

Call center 119 ini masih belum populer di masyarakat maupun wisatawan. Sehingga Sanem meminta kepada Camat, Lurah dan Kepala Desa, Kadus serta Ketua RT, agar lebih mensosialisasikan kepada masyarakat.

"Tidak terkecuali kepada pelaku wisata juga. Sehingga bagi masyarakat atau wisatawan yang butuh pelayanan kesehatan secara darurat, bisa langsung telepon ke nomor itu (119) dan petugas langsung datang," kata Sanem kepada posbelitung.co, Senin (8/4/2019).

Nomor call center 119 ini merupakan sebuah inovasi terbaru bagi pemerintah Belitung untuk meningkatkan sebuah pelayanan kesehatan. Nomor yang sudah teregistrasi itu, kini sudah terdaftar di Pemerintah Pusat dan bekerjasama dengan provider telekomunikasi di Belitung.

"Jadi kepada pak Lurah, pak Kades tolong disampaikan ke warga nya. Karena dasar pelayanan Pemerintah itu Pendidikan dan Kesehatan, nah kesehatan nya ini. Ini bukan lagi ide, tapi sudah aktivitas dalam memberikan pelayanan kesehatan, secara prima," ujarnya.

Dengan adanya sistem ini akan membantu dalam memberikan pelayanan yang sangat mudah. Namun ini pula tidak terlepas dengan konsekuensi, dalam melengkapi sarana dan prasarana kesehatan.

"Apalagi untuk pelayanan kesehatan ini. Ini juga harus di soundingkan dengan rumah sakit yang ada, atau yang terdekat. Tapi disini kami lebih mengarah kepada pelayanan Puskesmas, apalagi puskesmas di Belitung rata-rata sudah ada UGD (unit gawat darurat) semua," pungkasnya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved