Obat Kedaluwarsa Ternyata Masih Aman Dikonsumsi, Benarkah? Ini Penjelasannya

Ternyata, kita masih bisa mengonsumsi obat meski sudah melewati tanggal kedaluwarsa yang tertera pada label pembungkusnya.

Obat Kedaluwarsa Ternyata Masih Aman Dikonsumsi, Benarkah?  Ini Penjelasannya
pixabay.com
Ilustrasi obat 

BANGKAPOS.COM - Ternyata, kita masih bisa mengonsumsi obat meski sudah melewati tanggal kedaluwarsa yang tertera pada label pembungkusnya.

Dalam laporan yang diterbitkan di Journal of American Medical Association (JAMA), obat-obatan dapat mempertahankan manfaatnya hingga empat dekade.

Lalu, apa arti tanggal kedaluwarsa yang tertera dalam kemasan?

Ternyata, tanggal kedaluwarsa -di Amerika Serikat, adalah persyaratan hukum yang diberlakukan oleh Badan pengawas obat dan makanan (FDA) sejak 1979.

Tanggal kedaluwarsa adalah tanggal di mana produsen masih dapat menjamin potensi penuh dan keamanan obat.

Tapi, penelitian yang dilakukan oleh FDA menunjukkan, 90 persen dari lebih dari 100 obat-obatan -baik dengan resep maupun tanpa resep— masih bisa dikonsumsi, bahkan 15 tahun setelah tanggal kedaluwarsa.

Sebuah laporan dari Medscape menyatakan, tanggal kedaluwarsa tidak menunjukkan berapa lama obat yang dimaksud masih berkualitas baik atau aman untuk digunakan.

Sebaliknya, otoritas medis secara seragam mengatakan aman untuk menggunakan sebagian besar obat melewati tanggal kedaluwarsa.

Penelitian yang diterbitkan di JAMA juga menunjukkan, obat yang telah melewati kadar kedaluwarsa masih aman dikonsumsi hingga 15 tahun.

Riset tersebut dilakukan dengan menganalisis delapan obat yang berbeda dengan 14 bahan aktif berbeda.

Halaman
123
Editor: Herru W
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved