DPPP Basel Serahkan Dua Mesin Perontok Padi

Bantuan ini sudah diterima Januari 2019 dari pemerintah pusat, bantuan ini baru kami serahkan karena sudah masuk musim panen

DPPP Basel Serahkan Dua Mesin Perontok Padi
Bangka Pos
DPPP Basel Serahkan Dua Mesin Perontok Padi 

* Ingin Permudah Petani Saat Masa Panen

DINAS Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan menyerahkan dua unit combine mesin perontok padi kepada Desa Rias dan Desa Serdang, Toboali, Basel, Senin (8/4). Penyerahan ini merupakan bantuan pemerintah pusat kepada Pemkab Basel guna mempermudah petani saat memanen padi.

Sekretaris DPPP Basel, Rizal mengatakan dua unit mesin ini sangat bermanfaat, khususnya Basel yang memang tengah fokus meningkatkan produksi pertanian. Bahkan, pemerintah daerah menargetkan Swasembada beras dalam beberapa tahun ke depan.

“Bantuan ini sudah diterima Januari 2019 dari pemerintah pusat, bantuan ini baru kami serahkan karena sudah masuk musim panen.

DPPP Basel Serahkan Dua Mesin Perontok Padi
DPPP Basel Serahkan Dua Mesin Perontok Padi (Bangka Pos)

Mudah-mudahan dua unit tambahan mesin perontok ini, semakin membatu petani di dua desa tersebut, panen lebih mudah dan kesejahteraan petani semakin meningkat,” ujar Rizal mewakili Kepala DPPP Basel, Suhadi, Selasa (9/4).

Ia menjelaskan dua unit mesin ini seharga Rp 1,5 miliar dengan sehari bisa memproduksi tiga hektare area pertanian.

“Harapannya pengelolaan Alsintan itu dikelola sebaik mungkin sehingga bermanfaat bagi masyarakat petani,” tegasnya.

DPPP Basel Serahkan Dua Mesin Perontok Padi
DPPP Basel Serahkan Dua Mesin Perontok Padi (Bangka Pos)

Ia menambahkan mesin ini tidak dapat digunakan petani secara cuma-cuma.

Pengelolaannya diserahkan pemerintah kepada unit pengelolaan jasa Alsintan yang ada di dua desa setempat.

“Ada biaya pemeliharaan dan jasa pengoperasiannya, senilai Rp 1,6 juta per hektare atau 400 ribu per petak,” papar Rizal.

Dalam penyerahan ini, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Serdang Jaya II Dusun Limus, Desa Serdang, Toboali juga melakukan panen raya perdana padi sawah. Kepala DPPP Basel, Suhadi mengapresiasi keberhasilan panen raya ini.

“Keberhasilan petani ini tidak terlepas dari kerja sama dan pembinaan oleh BPP dan PPL, dengan ini sangat diharapkan Indeks Pertanaman (IP) dari sekali tanam menjadi dua atau tiga kali tanam dalam setahun,” ujar Suhadi. (adv/ara/bow)

Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved