Rumah Minim Sampah! Jadilah Agen Perubahan yang Kreatif dan Positif

Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan komunitas berbasis keluarga, perempuan, edukasi dan pemberdayaan yang cepat dan b

Rumah Minim Sampah! Jadilah Agen Perubahan yang Kreatif dan Positif
Diky Wahyudi Lubis
Menjadi Agen Perubahan, Menuju Rumah Minim Sampah 

BANGKAPOS.COM - Yogyakarta memang dikenal sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan komunitas berbasis keluarga, perempuan, edukasi dan pemberdayaan yang cepat dan berkembang.

Salah satu hal yang menjadi latar belakang masyarakat Yogyakarta—maupun masyarakat lainnya—berani melangkah maju dalam berbagai gerakan yang memiliki tujuan positif adalah adanya kemampuan dalam berpikir secara terbuka.

Dalam artian, terbuka terhadap berbagai perubahan perilaku positif.

Dampaknya adalah bertambahnya jumlah masyarakat yang memiliki pemikiran berkembang terhadap perubahan. Salah satunya adalah perubahan dalam pola hidup.

Pola hidup menghasilkan sampah perlahan tapi pasti mulai berubah menjadi hidup minim sampah, atau yang dikenal dengan zero waste. Tujuannya? Tentu untuk membantu mengurangi permasalahan sampah di Bumi.

Seperti yang kita ketahui, The Great Pacific Garbage, atau Kumpulan-kumpulan sampah plastik di Samudera Pasifik kini meluas dengan ukuran yang sepertinya tidak masuk akal.

Kumpulan sampah-sampah plastik yang mengambang di lautan antara Hawaii dan California ini terus membesar hingga berukuran 1,6 juta km2.

Luas hamparan sampah yang terapung ini hampir seluas daratan Indonesia (1,9 juta km2). Hal ini dilaporkan dalam jurnal Scientific Reports yang dipublikasikan oleh majalah Nature.

Dalam studi tersebut disebutkan bahwa sampah di wilayah ini telah mengalami peningkatan sebesar 10 hingga 16 kali lebih banyak dari jumlah yang diduga sebelumnya.

Satu hal yang menjadi fakta menyeramkan adalah bahwa sampah di sana tidak mengalami pengurangan. Bayangkan, apa yang akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

Diky Wahyudi Lubis
 
Halaman
12
Editor: ediyusmanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved