Berita Pangkalpinang

Pemkot Bertemu Pimpinan Unsri Palembang, Jalin Kerja Sama Tingkatkan SDM

Pertemuan membahas kerja sama dalam peningkatan pendidikan dan sumber daya manusia di kota beribu senyuman ini.

Pemkot Bertemu Pimpinan Unsri Palembang, Jalin Kerja Sama Tingkatkan SDM
Bangkapos/irakurniati
Pemkot Pangkalpinang bertemu dengan rombongan petinggi Universitas Sriwijaya Palembang, Jumat (12/4/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Kota Pangkalpinang bertemu dengan pimpinan Universitas Sriwijaya Palembang di ruang rapat kantor walikota, Jumat (12/4/2019).

Pertemuan membahas kerja sama dalam peningkatan pendidikan dan sumber daya manusia di kota beribu senyuman ini.

Rektor Universitas Sriwijaya, Prof.Dr.Ir.H.Anis Saggaff, MSCE, bersama wakil rektor, dan sejumlah dekan fakultas bertemu wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil.

Anis menyampaikan, Pangkalpinang memiliki historikal dengan Unsri sehingga pihaknya turut meningkatkan pengembangan sumber daya manusia di Pangkalpinang.

Dia menuturkan, Unsri yang memiliki jurusan perikanan, kelautan dan pengolahan hasil perikanan, akan membentuk sebuah laboratorium di tepi pantai yang ada di Pangkalpinang sebagai pusat pelatihan maupun recharging program mahasiswa unsri. Sehingga kawasan pantai yang akan ditempatkan laboratorium itu dapat mendatangkan kunjungan wisatawan maupun memiliki manfaat di sisi pendidikan.

"Kami berkewajiban membumikan semua karya untuk pembangunan bangsa. Setelah berkeliling kabupaten di sumsel, kami menuju Bangka belitung dan ke Pangkalpinang ini yang memang punya historikal dengan unsri. Banyak sumber daya manusia yang bagus juga sumber daya alamnya. Untuk itu kami meneruskan kerja sama dan membantu walikota yang juga alumni unsri untuk membangun kota ini." kata Anis.

Selain itu, Unsri kini sudah menyediakan program doktor (S3) dengan reseach.

Menurutnya, banyak sumber daya manusia di Pangkalpinang yang secara visual sudah doktor, namun secara akademik harus berproses. Sehingga pihaknya menawarkan triger doktor dengan riset menggunakan sumber daya yang ada di daerah.

Sementara, wali kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), menuturkan, mengenai laboratorium perikanan di pinggir pantai, pihaknya akan melihat proses dan efek yang dirasakan oleh masyarakat. Menurutnya, bila menghasilkan manfaat kedepan akan dicoba dilanjutkan.

Dia mengatakan, kerja sama dengan Unsri ini untuk memperbaharui kerja sama yang sudah ada, untuk meningkatkan kualitas sdm di kalangan pemerintahan kota.

Molen berharap dengan kerja sama ini dapat mencetak dokter yang disekolahkan ke Unsri dan dapat kembali mengabdi untuk Pangkalpinang.

"Kalau mau sekolah kita akan support terus. Dokter yang ada di Pangkalpinang kita sekolahkan dan nantinya mereka kita rekomendasikan kembali balik ke kampung untuk mengabdi di sini," tukasnya.

(Bangkapos/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved