Berita Sungailiat

Warga Perbatasan di Kabupaten Bangka Tak Masuk DPT Masih Bisa Mencoblos, Begini Caranya

Hak untuk memilih warga tetap ada, walupun tidak masuk dalam daftar pemilih tetap KPU

Warga Perbatasan di Kabupaten Bangka Tak Masuk DPT Masih Bisa Mencoblos, Begini Caranya
Bangka Pos/Riki Pratama
Ketua KPU Kabupaten Bangka, Hasan. 

BANGKAPOS.COM -- Ketua KPU Kabupaten Bangka Hasan mengatakan agar warga yang berada di wilayah perbatasan, Kabupaten Bangka belum masuk dalam daftar pemilih tetap KPU bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa e-KTP ke TPS dalam pemilihan nanti.

Ia mengatakan hak untuk memilih warga tetap ada, walupun tidak masuk dalam daftar pemilih tetap KPU, warga yang ingin mencoblos bisa menggunakan e-KTP mencoblos di wilayah tempat dia tinggal pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Menurutnya, warga yang tidak mau melaporkan diri ke KPU karena alasan jarak yang jauh, juga bisa langsung melaporkan ke KPPS tempat ia memilih nantinya, dengan membawa e-KTP.

"Bisa menggunakan e-KTP langsung datang ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), paginya lalu siang harinya, mulai pukul 12 melakukan pencoblosan, kalau masih ada tersedia surat suara, kalau tidak pindah ke TPS tempat dia berdomisili, sepanjang masih ada surat suara,"jelas Hasan kepada bangkapos.com, Jumat (12/4/2019).

Hasan menambahkan pihak KPU bersama Disdukcapil Kabupaten Bangka sudah berupaya mensosialisasikan dan melakukan perekaman ke wilayah perbatasan, agar bisa melakukan perekaman dan pelaporan bagi warga yang ingin menggunakan hak pilihnya.

"Kita yang penting telah mendata dan seuai aturan yang ada kita telah berupaya semaksimal mungkin di umumkan, di fasilitasi melalui kepala desanya, diberikan pengarahan pengertian, kita turun sama sama dilapangan. Namun walaupun sudah seminggu diumumkan pasang spanduk ajakan untuk melakukan perekaman e KTP," lanjutnya.

(Bangka Pos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved