Banyak Manfaatnya, 4 Tanaman Obat Ini Sebaiknya Ada di Pekarangan Kita

Siapa sih yang tak kenal dengan tanaman obat dalam khasanah pengobatan Indonesia? Sejak lama,

Banyak Manfaatnya, 4 Tanaman Obat Ini Sebaiknya Ada di Pekarangan Kita
Gloria Samantha Etalase
tanaman obat di kawasan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradis 

BANGKAPOS.COM- Siapa sih yang tak kenal dengan tanaman obat dalam khasanah pengobatan Indonesia?

Sejak lama, leluhur kita telah mengenal proses penyembuhan dengan meracik obat yang dihasilkan dari ekstrak tanaman asli Indonesia.

Itu sebabnya, beragam tanaman yang dapat dijadikan obat tradisional amat mudah kita temukan di sekitar pekarangan rumah.

Namun, sayangnya, dengan perkembangan kota yang pesat lahan atau teras semakin mengecil. bahkan, ada di antara kita yang tinggal di area apartemen yang jarang memanfaatkan pekarangan untuk tanaman tradisional.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menjelaskan kepada warga Indonesia mengenai empat jenis tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional.

Berikut empat jenis tanaman obat yang telah dikaji oleh Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemenkes pada 2017.

1. Lengkuas

Lengkuas
stylecraze.com
Lengkuas

Lengkuas merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dijadikan alternatif obat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti panu dan kutu air.

Bagi penderita penyakit kulit, disarankan untuk memilih jenis lengkuas putih dan lengkuas merah yang diambil bagian rimpang (akar tinggal atau sisa serabut).

Proses penggunaan lengkuas bisa dilakukan dengan menumbuk dan menghasilkan minyak atsiri sebagai antimikroba dan anti jamur.

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved