VIDEO : Begini Kondisinya Hutan Mangrove yang Dijadikan Sarang Udang dan Kepiting

Kaling dan sejumlah warga sedang berupaya menyiapkan bibit mangrove untuk ditanam di pesisir sungai atau anak sungai lingkungan setempat.

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Upaya pelestarian hutan mangrove merupakan hal positif. Pelestarian lingkungan ini tak hanya menyelamatkan habitat tumbuhan air, namun juga biota yang ada di sekitarnya, seperti kepiting bakau, udang dan ikan air payau. Upaya pelestarian ini mulai dilakukan oleh sekelompok warga di Lingkungan Hakok Kelurahan Matras Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

"Terdapat habitat mangrove di lingkungan kita di Lingkungan Hakok yang perlu diselamatkan. Tanaman mangrove itu harus dilestarikan. Ini sedang kita upayakan," kata Ojahan, Kepala Lingkungan (Kaling) Hakok Kelurahan Matras Sungailiat Bangka, kepada Bangka Pos, Minggu(14/4/2019).

Kaling dan sejumlah warga sedang berupaya menyiapkan bibit mangrove untuk ditanam di pesisir sungai atau anak sungai lingkungan setempat. Upaya itu dilakukan agar nantinya, hutan tanaman mangrove yang dimaksud dapat tumbuh subur dan meluas. "Dan di sepadan kawasan hutan mangrove yang ada ini banyak sekali kepiting bakau (remangok), udang, ikan kakap dan sebagainya. Itu sebagai sumber pencarian bagi nelayan lokal," katanya.

Jika mangrove dapat dilestarikan kata Ojahan, maka nanti ada manfaat lain. Kawasan hijau tersebut bisa menjadi objek wisata baru di Lingkungan Hakok. "Tentunya nanti bisa dijadikan kawasan wisata air, wisata mangrove," kata Ojahan, saat memberikan keterangan didampingi perwakilan warga lingkungan setempat, Edi.

Hanya saja untuk mewujudkan impian ini, Ojahan mengaku menghadapi rintangan. Satu di antara kendala yang dihadapi adalah, persoalan dana. "Tentunya untuk mewujudkan rencana itu butuh biaya. Biaya untuk penyiapan bibit, biaya penanam dan operasional. Sampai saat ini kita tak punya anggaran untuk itu," keluhnya.(Bangkapos/Ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved