Berita Pangkalpinang

15 Kepala OPD Pemprov Babel Ikut Penilaian Mutasi Jabatan

Sebanyak 15 orang pejabat eselon II di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti penilaian untuk persiapan rotasi dan mutasi jabatan.

15 Kepala OPD Pemprov Babel Ikut Penilaian Mutasi Jabatan
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala BKPSDM Babel, Sahirman Jumli 

BANGKAPOS.COM - Sebanyak 15 orang pejabat eselon II di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti assessment (penilaian) untuk persiapan rotasi dan mutasi jabatan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Babel, Sahirman Jumli mengatakan pejabat yang di assessment ini merupakan pejabat yang telah menduduki jabatan lebih dari dua tahun dan yang sudah mendekati pensiun.

Adapun beberapa kepala OPD yang mengikuti assessment diantaranya, kepala dinas pendidikan, kepala dinas pariwisata, kepala BKPSDM Babel, kepala biro umum, kepala biro kesra, kepala biro pembangunan,   kepala biro humas, kepala biro hukum, kepala dinas kesehatan, kepala dinas sosial, sekretariat DPRD, kepala dinas pangan, kepala kesbangpol dan lainnya.

"Hari ini sudah mulai assessment ada 15 kepala OPD, termasuk saya. Ini dilakukan supaya nanti ada kebijakan pak Gub untuk job fit kita sudah siap, karena proses job fit ini kan lama mulai dari rekomendasi KASN, assessment dan wawancara, kalau sudah assement seperti ini, kita sudah ada petanya," katanya, Senin (15/4/2019).

Dalam proses assesment ini dijelaskan Sahirman, akam dilaksanakan selama dua hari yakni psikotes dan wawancara yang dilakukan tim asesor dari IPDN.

"Pak gub minta kita sudah siap karena beliau sudah ngomong ada beberapa kepala dinas yang akan dimutasi, waktunya kapan itu tergantung pak Gubernur," katanya.

Disinggung haruskah ada spesifikasi khusus untuk jabatan tertentu, Sahirman menyebutkan tak ada terkecuali untuk dinas yang sifatnya teknis seperti kelautan, ESDM.

"Belum tentu yang assessment ini pasti di job fit, tapi mereka ini sudah siap untuk di job fit kan karena sudah mengikuti assessment," katanya.

"Nanti dilihat hasil job fit seperti apa, kalau memang nantinya tidak ada stok SDM dari luar untuk mengisi jabatan itu ya nanti kita open biding misalnya dari kementerian terkait, dari provinsi lain, seperti dulu DKP SDM nya terbatas di Babel akhirnya kita open biding terpiliha lah pak Dasminto," katanya.

Disinggung soal jabatan kepala ESDM, ia menyebutkan memang kesulitan untuk mencari SDM bidang ini. Namun, akan dilelang atau dimutasi menurutnya hal ini tergantung kebijakan gubernur.

"ESDM mungkin setelah pemilu, karena sarjana tambang yang kita punya cuma pak syahrudin sudah pernah, paj Ferry sudah di keuangan, pak Suranto baru saja ke staf ahli, kalau tiga ini mau diputar bisa saja, tapi juga bisa ada new comer dengan skema lelang jabatan," katanya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)


 

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved