Berita Pangkalpinang

Boleh Nyoblos Diatas Pukul 13.00 WIB, Ini Syaratnya!

Kapolda Kepulauan BANGKA Belitung Brigjen Pol Istiono mengatakan setelah pukul 13.00 WIB pemilih tetap boleh mencoblos.

Boleh Nyoblos Diatas Pukul 13.00 WIB, Ini Syaratnya!
Bangka Pos/Deddy Marjaya
Konfrensi pers terkait Pemilu 2019 di Polda Kepulauan Bangka Belitung Senin (15/4/2019).deddy Marjaya 

BANGKAPOS.COM -- Kapolda Kepulauan BANGKA Belitung Brigjen Pol Istiono mengatakan setelah pukul 13.00 WIB pemilih tetap boleh mencoblos.

Jika mereka telah hadir di TPS tempat mencoblos sebelum waktu itu. Mereka harus tetap dilayani walaupun waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 WIB. Sebab mereka telah hadir di TPS dan mengantri menunggu untuk memberikan hak pilih mereka

"Ini tidak boleh di cut itu hak mereka untuk mencoblos karena sudah antri sejak pagi," kata Brigjen Pol Istiono saat menemui wartawan usai melakukan Vicon dengan Menkopluhkam Senin (15/4/2019) di Polda Kepulauan Bangka Belitung

Hadir dalam kegiatan tersebut Wagub Abdul Fatah, Danrem Kolonel Inf Dadang Arif Budiman, Danlanal Letkol Laut P Muhammad Taufik, Danlanud, Kajati dan Kabinda.

Menurut Brigjen Pol Istiono dalam vicon dengan Kemenpolhulkam tersebut antara lain dibahas soal penegasan netralitas TNI-Polri. Juga TNI polri harus memberikan rasa aman baik secara fisik maupun psikis di masyArakat.

Diantaranya dengan melakukan patroli dan mendirikan pos-pos pengamanan serta mendekatkan kekuatan ke TPS TPS yang diangap rawan.

"Kita akan terus berusaha memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat jadi tidak perlu khawatir untuk memberikan hak suara TNI dan Polri akan menjaga keamanan selama berlangsungnya pencoblosan," kata Brigjen Pol Istiono

Brigjen Pol Istiono juga mengatakan ada 5 pasal dalam UU RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum akan menjerat orang atau pihak tertentu yang berusaha mengganggu, menghalangi atau pun melakukan intimidasi terkait pengambilan suara dalam Pemilu. Antara lain Pasal 371 ayat 1 dan 2, Pasal 510, Pasal 511, Pasal 517 dan Pasal 531 dengan ancaman hukuman penjara dan denda.

"Tentunya jika ada yang melanggar dari pasal pasal tersebut akan kita ambil tindakan seperti mengintimidasi seseorang untuk tidak memilih dan sebagainya," kata Brigjen Pol Istiono

Sementara itu Davitri Ketua KPU Bangka Belitung mengatakan sesuai ketentuan pemungutan dan penghitungan suara pada Hari Rabu 17 April 2019 pukul 7.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Tapi tadi saat Vicon ada yang bertanya dan berpikiran bahwa saat pukul 13.00 WIB semua kegiatan pemungutan suara di TPS dihentikan.

Perlu diketahui bahwa sesuai Pasal 46 PKPU 3 Tahun 2019 dan dalam PKPU 9 Tahun 2019 tentang pemungutan suara Pemilu 2019. Pemilih yang hadir dan telah mengisi C7 atau mengisi dafrar hadir sebelum pukul 13.00 WIB tetap akan dilayani pemungutan suaranya. Ada pertanyaan lagi jika antrian panjang dan kursi tidak cukup maka disegerakan dahulu mengisi C7 sehingga dapat terdaftar sebelum pukul 13.00 WIB.

"Kalau sudah tedaftar sebelum pukul 13.00 WIB dipastikan pemilih akan dilayani hingga habis barulah nanti KPPS mengumumkan berakhirnya pengambilan suara," kata Davitri.

(Bangka Pos/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved