Berita Pangkalpinang

Kawal Keterbukaan Informasi, Komisi Informasi Babel Kerjasama dengan PTUN

Komisi Informasi Provinsi Kep Bangka Belitung pagi ini melakukan kunjungan ke intansi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Provinsi Bangka Belitung.

Kawal Keterbukaan Informasi, Komisi Informasi Babel Kerjasama dengan PTUN
istimewa
Wakil ketua Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung, Ita Rosita SP (kedua dari kanan) bersama anggotanya (komisioner) menyempatkan diri pose bersama wakil ketua PTUN Bangka Belitung, Hj Wahyuning Nurjayati SH MH (ketiga dari kiri). 

BANGKAPOS.COM -- Keterbukaan Informasi Publik sesungguhnya telah diatur dalam Undang-Undang No.14 tahun 2008.

Komisi Informasi Provinsi Kep Bangka Belitung, Senin (15/4/2019) pagi melakukan kunjungan ke intansi Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Provinsi Bangka Belitung.

Kunjungan pagi itu pihak Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung disambut langsung oleh wakil ketua PTUN Bangka Belitung, Hj Wahyuning Nurjayati beserta staf institusi tersebut.

Dikatakan ketua Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung, Eko Tejo Martianto SKom diwakili oleh Ita Rosita SP (wakil ketua) kunjungan pihaknya saat itu guna bertujuan dapat melakukan kerja sama di bidang keterbukaan informasi publik, antara lain tentang penanganan sengketa informasi publik.

"Misalnya ada perkara sengketa publik yang penanganannya hingga naik ke PTUN maka dalam hal ini dirasakan perlu kerja sama dengan intansi terkait (PTUN Babel -- red)," terang Ita Rosita.

Selain itu, kunjugan ke PTUN Bangka Belitung ini dilakukan menurutnya guna memberikan pemahaman kepada pihak PTUN Bangka Belitung tentang tugas dan kewenangan lembaga Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung.

"Sebaliknya dalam perkara sengketa informasi publik itu jika tak tuntas diselesaikan di lembaga kita (Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung -- red) maka bisa dilanjutkan ke PTUN hingga ke Mahkmah Agung RI," jelas seorang Komisioner, Komisi Informasi Provinsi Bangka Belitung, Syawaludin SPd.

Sementara itu Komisioner lainnya, Ahmad Tarmizi SP menambahkan jika tak lama lagi akan tiba hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN), 30 April 2019 mendatang.

Oleh karenanya ia mengajak masyarakat termasuk badan publik untuk memperingati hari istimewa tersebut.

"Hal itu bisa dilakukan oleh tiap-tiap badan publik dengan berbagai cara antara lain semisalnya memasang spanduk bertuliskan Hari Keterbukaan Informasi Publik," pesannya.

(Bangka Pos/Ryan Augusta Prakasa)

Penulis: ryan augusta
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved