Berita Pangkalpinang

Tak Perlu Khawatir Tanpa Formulis C6, Pemilih Bisa Gunakan e-KTP.

Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Penti mengatakan pemilih tetap bisa menggunakan hak suaranya pada pemilu 2019 tanpa harus menerima formulir C6.

Tak Perlu Khawatir Tanpa Formulis C6, Pemilih Bisa Gunakan e-KTP.
Istimewa
Penti Ketua KPU Kota Pangkalpinang saat ditemui di ruangannya, Senin (15/4). 

BANGKAPOS.COM- Selain e-KTP yang harus dibawa, ada formulir C6 yang merupakan undangan bagi pemilih untuk melakukan pencoblosan di TPS selain e-KTP.

Formulir C6 biasanya dibagikan sebelum H-3, namun jika pemilih belum menerima formulir C6 diharapkan untuk melaporkan ke PPS Kelurahan.

Ketua KPU Kota Pangkalpinang, Penti mengatakan pemilih tetap bisa menggunakan hak suaranya pada pemilu 2019 tanpa harus menerima formulir C6.

"Masyarakat bisa melapor ke PPS di kelurahan. Sebenarnya bisa memilih walaupun tidak mendapatkan C6, karena sebenarnya C6 itu merupakan pemberitahuan pemilih. Jadi walaupun tanpa C6 pada hari H, kan ada namanya salinan DPT ditempel. Kalau disitu ada nama dia ya pakai e-KTP saja," ujar Penti saat ditemui di ruangannya.

Lebih lanjut Penti mengatakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah tertera berbeda dengan Daftar Pemilih Khusus (DPK)

"Kecuali DPK yang tidak terdaftar dimanapun, bisa memilih dengan membawa e-KTP tapi diatas pukul 12.00 sampai pukul 13.00. Jadi itu bedanya DPK dan DPT yang sudah tertera," kata Penti.

TPS akan melayani pemilih berupa pendaftaran hingga pukul 13.00, sehingga pemilih dapat melakukan pencoblosan setelah melakukan pendaftaran.

Sementara itu untuk TPS dikarenakan masalah tenda yang tidak mencukupi, maka TPS juga ada yang berada di sekolah.

"Untuk TPS di sekolah itu tidak masalah, karena memang keterbatasan tenda. Bahayangkan kita Pangkalpinang punya 531 TPS, kalau semuanya punya tenda ada apa tidak tendanya. Makanya sebagian kita gunakan gedung-gedung sekolah atau balai-balai pertemuan yang bisa kita gunakan ya gunakan," tutup Penti.

(Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy).


 

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved