Berita Bangka Tengah

Bawaslu Bateng Gelar Patroli Cegah Politik Uang

Hari terakhir masa tenang Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah kembali gelar patroli pengawasan

Bawaslu Bateng Gelar Patroli Cegah Politik Uang
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kegiatan Tim Bawaslu Bateng yang Gelar Patroli 

BANGKAPOS.COM-- Hari terakhir masa tenang Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah kembali gelar patroli pengawasan untuk mencegah kemungkinan terjadinya praktek politik uang selama masa tenang berlangsung.

Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bangka Tengah, Muhamad Utoyo menyebutkan dalam masa tenang, Bawaslu Bangka Tengah bersama Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Kelurahan/Desa serta pengawas TPS sejak (14/4/2019) Pukul 00.00 WIB telah melakukan patroli pengawasan.

Patroli ini lanjut Utoyo bertujuan untuk mencegah adanya praktik politik uang sekaligus patroli untuk mencegah aktivitas kampanye di luar jadwal.

"Masa kampanye bagi Peserta Pemilu tahun 2019 sudah berakhir tepat pada (13/4/2019) Pukul 24.00 WIB", jelas Utoyo pada bangkapos.com (16/4/2019) malam.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto menyatakan bahwa potensi kerawanan politik uang selama masa tenang di Kabupaten Bateng itu kemungkinan ada di semua wilayah di Bateng.

"Bawaslu Bangka Tengah telah membuat Tim Patroli yang berlangsung selama masa tenang. Setiap tim melakukan pengawasan di kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Tengah," kata Utoyo.

Kegiatan patroli pengawasan menurut  Robianto bersama Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Edi Irawan, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Yulianto serta Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ari Susanto

"Masa tenang ini pada dasarnya merupakan masa yang paling tidak tenang bagi pengawas pemilu. Makanya dengan segenap upaya kita lakukan patroli pengawasan ini sebagai bentuk pencegahan," ucapnya.

Untuk itu, dalam praktiknya patroli pengawasan dilakukan dengan cara menarik perhatian masyarakat agar pesan moral tolak politik uang dapat tersampaikan.

"Seluruh anggota Panwascam dan Panwaslu Kelurahan/Desa melaksanakan patroli dengan menampakkan diri mereka di tengah masyarakat dengan tujuan mencegah praktek politik uang", ujar Robianto.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Irawan mengatakan bahwa kegiatan patroli pengawasan yang dilakukan oleh seluruh jajaran Bawaslu dapat membuahkan hasil, sehingga dapat menekan angka pelanggaran politik uang dan pelanggaran lainnya.

"Saya sangat mengapresiasi semangat teman-teman bawaslu yang tetap semangat menjunjung tinggi semangat demokrasi. Tetap jaga kesehatan dan kebugaran untuk mengawal dan mengawasi Pemilu 2019 pada 17 April esok," pungkas Edi. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved