Berita Pangkalpinang

Jadwal Pelunasan BPIH Tahap II Dimulai untuk 4 Kategori JCH

Masa pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) regular tahap kedua tahun 2019 akan dimulai 30 April hingga 10 Mei 2019 mendatang.

Jadwal Pelunasan BPIH Tahap II Dimulai untuk 4 Kategori JCH
bangkapos/edwardi
Hj Nurmala, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM -- Masa pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) regular tahap kedua tahun 2019 akan dimulai 30 April hingga 10 Mei 2019 mendatang.

“Pelunasan BPIH tahap kedua nanti dilaksanakan apabila hingga akhir masa pelunasan tahap kesatu masih terdapat sisa kuota yang belum terpenuhi,” kata Hj Nurmala, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang, Selasa (16/04/2019) di kantornya.

Dijelaskannya, ada 4 kategori Jemaah Calon Haji (JCH) yang berhak melakukan pelunasan di tahap kedua nanti, yakni: 

1. JCH yang dalam proses melakukan pelunasan pada tahap kesatu mengalami gagal sistem pada jaringan Siskohat atau Bank.

2. JCH yang masuk dalam alokasi kuota keberangkatan tahun 2019 yang sudah berstatus haji.

3. JCH yang mengajukan permohonan percepatan keberangkatan bagi usia lanjut.

4. JCH yang mengajukan permohonan penggabungan mahram.

 “Untuk JCH Kota Pangkalpinang sendiri, kami pastikan tidak ada yang mengalami gagal sistem dalam proses pelunasan tahap kesatu kemarin, jadi kita tinggal menunggu daftar nama JCH yang mengajukan percepatan keberangkatan usia lanjut dan penggabungan mahram yang berhak mengikuti pelunasan tahap kedua nanti,” ujar Nurmala.

Dilanjutkannya, untuk pengajuan permohonan percepatan usia lanjut dan penggabungan mahram, pihaknya telah melakukan input data secara online pada aplikasi Siskohat dan tinggal menunggu hasil keputusan dari pusat. 

"Apabila ada diantara JCH Kota Pangkalpinang yang masuk dalam daftar, maka pihaknya akan segera menghubungi JCH tersebut," tukasnya.

Diungkapkannya, pada hari Kamis, 18 April 2019 mendatang akan mengadakan pertemuan awal pasca pelunasan bagi para JCH di Masjid Al Furqon Bukit Baru Pangkalpinang

"Kita berharap agar seluruh JCH yang telah melakukan pelunasan pada tahap pertama yang lalu dapat hadir dalam kegiatan tersebut, karena akan ada penyampaian materi terkait teknis pelaksanaan ibadah haji dari beberapa narasumber," tukasnya.

(BANGKAPOS/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved