Berita Pangkalpinang

KPU Kota Pangkalpinang Musnahkan 6.047 Lembar Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pangkalpinang gelar pemusnahan surat suara di gudang KPU Kota, Selasa (16/4/2019).

BANGKAPOS.COM-- Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kota Pangkalpinang gelar pemusnahan surat suara di gudang KPU Kota, Selasa (16/4/2019).

Penti selaku ketua KPU Kota Pangkalpinang mengatakan, pemusnahan dilakukan sesuai arahan KPU RI.

"Sesuai dengan peraturan KPU RI, 1 hari sebelum hari H sudah harus dimusnahkan surat suara yang rusak. Jadi hari ini kita musnahkan surat suara itu," ujar Penti saat ditemui usai pemusnahan surat suara.

Sebanyak 6.047 lembar surat suara rusak tersebar di 5 jenis surat suara di Kota Pangkalpinang.

Penti menambahkan surat suara rusak banyak ditemui di surat suara DPRD Provinsi.

"Kita melaksanakan apa yang menjadi kewajiban, yaitu musnahkan surat suara yang dikategorikan rusak. Surat suara yang rusak paling banyak itu DPRD Provinsi," tambah Penti.

KPU Kota Pangkalpinang menemukan surat rusak yang tersebar seperti surat suara Presiden dan wakil presiden ada 908 lembar, DPD 233 lembar, DPR RI 864 lembar, DPRD Provinsi 3.611 lembar, DPRD Kota dapil 1.98 lembar, dapil 2 8 lembar, dapil 3.267 lembar dan dapil 4.58 lembar.

Surat suara rusak dikatakan Penti karena tinta yang tersebar di nama calon, surat suara robek dan terdapat beberapa cetakan yang tidak sempurna.

Lebih lanjut Penti mengatakan, pemusnahan dilakukan malam hari karena efektivitas waktu.

"Kebetulan kita hari ini jadwalnya distribusi logistik kotak suara, jadi kita maksimalkan waktu setelah selesai baru pkita musnahkan surat suara ini didampingi oleh bawaslu dan anggota Polres," kata Penti. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved