Pemilu 2019

Minimalisir Potensi Rawan Kesalahan, Bawaslu Babel Akan Pantau TPS

Bawaslu akan selalu melakukan pemantauan, setidaknya agar bisa memberi masukan kepada pengawas TPS di lapangan

Minimalisir Potensi Rawan Kesalahan, Bawaslu Babel Akan Pantau TPS
Bangka Pos/Muhammad Rizki
Edi Irawan, Ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM  - H-1 menjelang pencoblosan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung mengatakan jika dari hasil patroli pengawasan, mereka belum mendapatkan temuan atau laporan selama masa tenang berlangsung. Hal ini disampaikan langsung oleh ketua Bawaslu Provinsi Bangka Belitung, Edi Iriawan.

Edi pun menjelaskan, jika ada banyak hal rawan yang dapat terjadi di lokasi Tempat Pemungutan Suara, seperti warga yang belum mendapatkan form C6, TPS yang belum menerima logistik pemilu, dan pemilih dari luar yang tidak mengurus A5 namun memaksa untuk mencoblos.

Kemudian jika dalam hal pemungutan suara Edi mengatakan jika hal yang rawan adalah TPS yang tidak dibuka dan ditutup tepat waktu, dan mobilisasi pemilih yang dilakukan di TPS.

"Sebenarnya banyak potensi rawan di TPS, tapi potensi tersebut sudah kita antisipasi dengan menempatkan pengawas yang akan memastikan pemilu berjalan lancar." ujar Edi, Selasa (16/4) saat ditemui di ruang kerjanya.

Pada saat penghitungan suara pun bisa menjadi masalah apabila petugas di TPS tidak memahami ketentuan suara sah dan tidak sah, dan petugas kurang teliti dalam hal pencatatan, penjumlahan, dan penyalinan hasil dari C1 plano ke dalam berita acara rekap.

Ia berharap agar para pengawas dan saksi pemilu harus memahami betul hal tersebut, dan memastikan agar hal tersebut tidak keliru.

"Kami berharap penyelenggara pemilu dalam hal ini KPPS maupun pengawas TPS, bisa memahami terkait potensi-potensi ini."tutupnya.

Bawaslu akan selalu melakukan pemantauan, setidaknya agar bisa memberi masukan kepada pengawas TPS di lapangan. Ketika petugas tersebut sedikit kurang memahami, terkait dengan hal prosedural, dalam rangka mengantisipasi pengawsan prosedur tersebut.

(Bangka Pos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved