Pemilu 2019

10 Menit Mencoblos 30 Menit hingga Satu Jam Mengantre

Sejak pagi, warga Pangkalpinang berduyun-duyun datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019) pagi.

10 Menit Mencoblos 30 Menit hingga Satu Jam Mengantre
Bangkapos.com/Dedi Qurniawan
Ketua KPPS di TPS 3 Kelurahan Keramat memberikan arahan kepada para pemilih mengenai cara membuka dan melipat surat suara, Rabu (17/4/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Sejak pagi, warga Pangkalpinang berduyun-duyun datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019) pagi. Di TPS 3, Kelurahan Keramat, hampir seluruh kursi di tenda TPA penuh oleh puluhan warga yang antre.

Perhitungan Bangkapos.com, rata-rata waktu yang diperlukan pemilih di bilik suara adalah sekitar 10 menit. Satu warga terpantau mengantre sekitar 30 hingga satu jam sejak melaporkan form C6 ke petugas KPPS

Relatif lamanya waktu yang dibutuhkan ini praktis membuat waktu antre semakin lama. Beberapa warga memilih untuk meninggalkan dulu TPS untuk kemudian kembali lagi.

Perlu diketahui, penghitungan waktu di tiap TPS hanya bersifat kondisional karena akan berbeda berdasarkan panjangnya antrean. "Lama. Tinggal dulu, mau ke pasar. Nanti ke sini lagi," kata warga Kelurahan Keramat, Hatta

Berdasarkan papan pengumuman DPT ini, TPS ini memiliki 274 pemilih. Lamanya antrean ini diketahui telah diprediksi penyelenggara pemilu. KETUA KPU Babel Davitri mengatakan, ketentuan mengatur pemilih yang masih mengantre hingga pukul 13.00 WIB namun belum menggunakan hak pilihnya, masih bisa memilih.

"Jika namanya ada di absensi baik DPT, DPTb, dan DPK, Ketua KPPS tetap melanjutkan proses pemungutan. Setelah selesai baru perhitungan. Jadi bukan berarti kalau sudah pukul 13.00, orang antre tidak boleh memilih lagi. Tetapi, ketika orang masih antre, proses pemungutan masih bisa dilanjutkan hingga selesai," ujar Davitri, Selasa (16/4/2019) kemarin.

Hingga pukul 10.02 WIB, warga terus datang ke TPS. Pemandangan serupa juga terlihat di TPS-TPS yang terlihat di pinggir-pinggir jalan protokol Kota Pangkalpinang. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved