Siti Romlah Ragukan Bayinya, RSUD dr Soetomo Kabulkan Tuntutan untuk Tes DNA

Pasangan Muhammad Mughni dan Siti Romlah serta bayi laki-laki yang diduga tertukar akhirnya diambil sampel darahnya untuk dilakukan tes DNA.

Siti Romlah Ragukan Bayinya, RSUD dr Soetomo Kabulkan Tuntutan untuk Tes DNA
(istimewa)
Siti Romlah dan Muhammad Mughni menunjukkan bayi yang diduga tertukar bersama pengacara mereka Mohammad Sholeh di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Senin (15/4/2019). 

BANGKAPOS.COM--Pasangan Muhammad Mughni dan Siti Romlah serta bayi laki-laki yang diduga tertukar akhirnya diambil sampel darahnya untuk dilakukan tes DNA.

Pengacara keluarga, Muhammad Sholeh mengatakan, pihak RSUD dr Soetomo sudah mengabulkan tuntutan kliennya, yakni dilakukan tes darah dan diambil sampelnya untuk uji laboratorium, Selasa (16/4/2019) pukul 16.00 WIB.

"Hasilnya nanti akan diberitahukan (pihak rumah sakit). Tentu tidak bisa satu atau dua hari, apalagi besok libur (Pemilu)," kata Sholeh, kepada Kompas.com, Selasa.

Sampai saat ini, kata dia, memang belum ada kejelasan mengenai siapa sebenarnya bayi Romlah, apakah laki-laki atau perempuan.

Karena itu, hal yang paling akurat untuk menguji apakah bayi Romlah memang laki-laki atau perempuan, perlu dilakukan tes DNA.

Kalau hasil tes DNA dinyatakan positif, berarti benar bayi Romlah laki-laki dan hanya ada misinformasi antara pihak rumah sakit dan keluarga Romlah.

"Tapi, kalau hasilnya negatif, tentu rumah sakit berkewajiban untuk mencari anak perempuan Pak Mughni dan Siti Romlah ini. Hasil tes DNA itu akan kami terima," ucap dia.

Kepala Humas RSUD dr Soetomo Pesta Parulian Edward menyatakan, pihak rumah sakit sudah melakukan dua cara untuk mendeteksi masalah dugaan bayi tertukar tersebut.

Caya yang pertama, kata dia, yakni menelusuri administrasi saat pasien rawat inap, dan memanggil dokter, perawat, dan petugas, yang melakukan pelayanan terhadap pasien.

"Kami konfirmasi dan catatan medik kami buka," kata dia.

Halaman
12
Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved