Pemilu 2019

Terlihat Sepi, Begini Partisipasi Pemilih di TPS-TPS Perbatasan Pangkalpinang dan Bangka   

Pukul 10.40 WIB, TPS 008, Kace Timur, Kecamatan Mendo Barat tampak sudah sepi pemilih, Rabu (17/4/2019).

Terlihat Sepi, Begini Partisipasi Pemilih di TPS-TPS Perbatasan Pangkalpinang dan Bangka    
Bangkapos.com/Dedi Qurniawan
Suasana di TPS 008, Kace Timur, Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka. TPS ini terletak dekat dengan perbatasan Kabupaten Bangka dan Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM-- Pukul 10.40 WIB, TPS 008, Kace Timur, Kecamatan Mendo Barat tampak sudah sepi pemilih, Rabu (17/4/2019). Pantauan Bangkapos.com pada jam yang sama, hanya satu atau dua pemilih yang menggunakan hak suaranya di TPS ini.

Pemandangan ini terlihat kontras dengan TPS lain, setidaknya di TPS 03, Kelurahan Keramat, Kota Pangkalpinang. Di sana, puluhan warga tampak antre memenuhi kursi tunggu TPS

"Paling cuma 100 yang milih di sini," kata petugas KPPS di TPS ini.

Berdasarkan pengumuman DPT, TPS ini memiliki 246 pemilih. Hingga pukul 10.45 WIB, baru 93 pemilih yang menggunakan hak suaranya. 

Belum diketahui penyebab tampak sepinya pemilih yang datang ke TPS kali ini. Para petugas KPPS masih menjalankan tugasnya.

Tak jauh dari TPS 008 tersebut, ada juga TPS 006 dan 007, Kace Timur. Dua TPS ini letaknya berdekatan dan berada di satu komplek SD 23 Kace.

Pantauan Bangkapos.com di TPS 006, hanya satu atau dua warga yang terlihat datang dan mengantre. Hingga pukul 11.00 WIB, dari 124 pemilih pada DPT, baru lima puluhan warga yang menggunakan hak pilihnya.

"Baru lima puluhan yang datang. Tidak tahu kenapa. Banyak yang tidak mencoblos mungkin,"kata seorang petugas jaga di TPS ini.

Pemandangan serupa terlihat di TPS 007 di sebelahnya yang tampak hanya satu atau dua warga yang mengantre mencoblos. Di TPS ini, berdasarkan DPT, ada 162 pemilih.

Belum dapat dipastikan bagaimana persentase akhir partisipasi pemilih di TPS-TPS perbatasan kabupaten dan kota ini hingga akhir waktu pencoblosan. Partisipasi pemilih di tiga TPS perbatasan ini baru bisa diketahui setelah penghitungan selesai  

Bangkapos.com menerjunkan tim untuk memantau aktivitas warga menggunakan hak suaranya pada pesta demokrasi kali ini di sejumlah wilayah. Satu di antaranya khusus memantau TPS-TPS perbatasan untuk mengetahui bagaimana partisipasi pemilih di perbatasan wilayah.

Sebagai informasi, KPU Babel menargetkan 77,5 persen pada Pemilu 2019. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved