Pemilu 2019

VIDEO : Ketua KPPS Tak Datang, 9 Pasien Rumah Sakit Jiwa di Babel Gagal Nyoblos Pemilu 2019

Hak suaranya diputuskan gagal menyoblos karena petugas KPPS tempat mereka terdaftar tidak datang ke RSJ Babel sampai batas waktu pukul 14.00 WIB

BANGKAPOS.COM -- Sembilan pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sudah terdaftar untuk menggunakan hak suaranya diputuskan gagal menyoblos karena petugas KPPS tempat mereka terdaftar tidak datang ke RSJ Babel sampai batas waktu pukul 14.00 WIB, Rabu (17/04/2019).

Keputusan ini diambil bersama antara anggota KPU Bangka, Cepenk Susanti dan Kabag Program dan Data KPU Bangka , Afandi dengan Kasi Pelayanan RSJ Babel, Martha Cahya Dinata, karena petugas KPPS 1 dan KPPS 2 tidak datang ke aula RSJ Babel.

Anggota KPU Bangka, Cepenk Susanti mengaku sudah beberapa kali menghubungi Ketua KPPS 1 dan KPPS 2 Kelurahan Parit Padang, namun karena para petugas KPPS juga sibuk dan tidak bisa meninggalkan TPS nya.

"Karena batas waktu sudah pukul 14.00 WIB, kita putuskan 9 pasien RSJ Babel ini gagal mencoblos karena para petugas KPPS akan memulai perhitungan suara di TPS-TPS nya," katanya.

Sementara Kasi Pelayanan RSJ Babel, Martha Cahya Dinata mengatakan sembilan pasien dengan gangguan kejiwaan ini sebelumnya sudah terdaftar di TPS 1 dan TPS 2 Kelurahan Parit Padang Sungailiat dan memenuhi persyaratan, karena sudah memiliki formulir A5.

"Kita berharap para pasien ini tidak kecewa, meskipun semangat mereka untuk menyoblos cukup tinggi," harapnya.

Diakuinya, seandainya tadi bila ada pemberitahuan lebih awal dari petugas KPPS 1 dan KPPS 2 tidak bisa hadir ke RSJ Babel, maka dari manajemen RSJ Babel siap mengantarkan 9 pasien ini ke lokasi TPS 1 dan TPS 2 Kelurahan Parit Padang menggunakan mobil.

Sebelumnya, delapan pasien RSJ Babel lainnya sudah berhasil menyoblos di TPS 9 Kelurahan Parit Padang karena petugas KPPS nya datang ke aula lantai 2 RSJ Babel.

"Di TPS 9 ini terdaftar sebanyak 10 pasien RSJ Babel, namun dua pasien sudah pulang ke rumahnya jadi hanya 8 pasien saja yang mencoblos," imbuhnya.

Diungkapkan Martha, sebelumnya jumlah pasien RSJ Babel yang bisa menggunakan hak suaranya ada 51 orang, namun setelah diverifikasi hanya ada 25 orang yang bisa mencoblos dan sudah diurus formulir A5 nya.

"Saat hari H pencoblosan pasien RSJ Babel yang tersisa untuk menyoblos ada 17 pasien, dimana 8 pasien berhasil menyoblos dan 9 pasien gagal menyoblos," tukasnya.

(Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved