Pemilu 2019

Video TPS Unik, Pemilih Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Gratis

Asiknya mencoblos di TPS 013 Dusun Damai Desa Karyamakmur, Kecamatan Pemali, Bangka. Para pemilih bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Asiknya mencoblos di TPS 013 Dusun Damai Desa Karyamakmur Kecamatan Pemali Bangka. Selain dapat menyalurkan hak suara Pemilu 2019, para pemilih juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, Rabu (17/4/2019).

Tentu saja pelayanan kesehatan yang dimaksud bukanlah program KPU Bangka. Pelayan kesehatan ini, merupakan Program Puskemas Pemali. Usut punya usut, ternyata pendataan dan pemeriksaan kesehatan tersebut kreatifitas dari pihak Puskesmas Pemali.

Selama ini pihak Puskesmas kesulitan melakukan pendataan atau pemeriksaan kesehatan karena warga sulit ditemui.

Sebagian warga lebih banyak di kebun, kantor atau tempat kerja sehingga tak sempat datang ke Puskesmas. Sedangkan ketika didatangi petugas di rumah mereka, warga kadang tak ada di tempat. Sehingga momen pencoblosan di TPS jadi ajang paling tepat, karena warga terkonsentrasi di suatu tempat.

Warga tak perlu repot-repot datang ke Puskesmas, karena petugas dari Puskesmas, yang proaktif menemui mereka di sekitar di lokasi TPS, usai mencoblos.

Pendataan sekaligus pelayanan kesehatan ini diterapkan oleh Kepala Puskesmas Pemali, Shodiana, melalui pegawainya semata-mata untuk mempermudah masyarakat. Tampak petugas pemeriksa penyakit tidak menular, Yudistira dan Fifin Handayani, Rabu (17/4/2019) terlihat duduk di luar area steril TPS.

Kedua petugas ini tampak sibuk di sebelah tenda TPS, melayani para pemilih yang sudah selesai mencoblos di TPS 013.

Pelayanan yang diberikan kedua petugas membuat warga atau para pemilih senang, setelah mencoblos.

"Tolong periksa tensi saya, periksa juga gula darah saya. Apakah tensi saya tinggi, rendah atau normal,?" kata Zulmin (71), warga Dusun Damai Desa Karyamakmur Kecamatan Pemali Bangka, meminta petugas Puskesmas Pemali memeriksanya, Rabu (17/4/2019).

Tak hanya Mang Zulmin, namun sejumlah pemilih lainnya usai mencoblos, juga minta diperiksa oleh petugas medis.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved