Soal Pemungutan Suara Ulang di Bangka Barat, Ini Penjelasan KPU

Beberapa TPS diakui oleh Ketua KPU Babar, Pardi ditemukan permasalahan pemilih atau DPT.

Soal Pemungutan Suara Ulang di Bangka Barat, Ini Penjelasan KPU
Bangka Pos / Hendra
Pardi, Ketua KPU Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM  -- Proses perhitungan suara dan rekapitulasi ditingkat TPS selesai dilakukan. Beberapa TPS diakui oleh Ketua KPU Babar, Pardi ditemukan permasalahan pemilih atau DPT.

"Kita akui memang banyak terjadi permasalahan di pemilu kali ini. Kebanyakan mispersepsi (salah tanggap) saja. Seperti soal DPT yang menggunakan e-KTP," kata Pardi, Kamis (18/4/2019).

Di TPS lanjut Pardi ada juga pemilih yang hendak memilih menggunakan e-KTP tidak diakomodir oleh pihak PPS. Kemudian ditemukan juga TPS yang kelebihan surat suara dan ada juga TPS yang kekurangan surat suara.

"Jadi dari temuan ini kita tidak tahu pemungutan suara ulang (PSU) atau tidak. Soal ini tergantung nanti rekomendasi dari Bawaslu. Kalau memang ada TPS yang PSU kita siap melaksanakannya karena memang ada mekanismenya," kata Pardi.

Dia juga menambahkan permasalahan lain yang ditemukan soal teknis rekapitulasi suara di TPS. Beberapa TPS ditemukan ada yang salah dalam melakukan rekapitulasi dan perhitungan suara di TPS.

Kemudian ditemukan juga daftar hadir tidak sesuai dengan yang hadir mencoblos.

"Kita cek ternyata ada pemilih yang hadir, tapi karena kelamaan menunggu akhirnya tidak mencoblos dan daftar kehadirannya tidak dicoret lagi oleh KPPS," pungkas Pardi.

(Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved