BangkaPosiana

Uniknya Tradisi Ruwah di Pulau Bangka, Bak Lebaran Dengan Ketupat Lepat dan Silahturahmi

Desa Keretak sendiri merupakan salah satu desa di Pulau Bangka yang hingga saat ini masih mempertahankan

Uniknya Tradisi Ruwah di Pulau Bangka, Bak Lebaran Dengan Ketupat Lepat dan Silahturahmi
Intisari Online
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Masyarakat Desa Keretak kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (18/4/2019) kembali menggelar tradisi Lebaran Ruwah.

Tradisi tahunan menjelang datangnya bulan suci ramadan ini sarat dengan nilai spiritual dan silahturahmi.

Ribuan warga berdatangan untuk bersilahturahmi ke desa ini saat digelarnya lebaran Ruwah.

ketupat dan lepat Bangka
ketupat dan lepat Bangka (bangkapos.com)

Desa Keretak sendiri merupakan salah satu desa di Pulau Bangka yang hingga saat ini masih mempertahankan tradisi Ruwah menjelang tibanya bulan Ramadhan.

Masyarakatpun menyiapkan berbagai penganan layaknya lebaran seperti ketupat dan lepat guna menyambut sanak saudara dan tamu yang datang berkunjung dari pelosok Pulau Bangka.

"Untuk tahun ini agak kurang meriah karena bertepatan dengan Pemilu. Ada beberapa acara yang ditiadakan seperti yasinan di TPU Keretak dan tabligh akbar. Tapi tahun depan akan kita upayakan lebih meriah," ungkap tokoh masyarakat Keretak Adet Mastur.

Tradisi Nisfu Sya'ban yang juga dikenal dengan sebutan ruwah atau ruwah kubur di sejumlah wilayah di Pulau Bangka, umumnya diperingati pada hari yang berbeda.

Ada yang memperingatinya sebelum jatuhnya tanggal 15 Sya'ban, ada yang bertepatan dengan malam dan hari ke 15 Sya'ban, ada pula pasca tanggal 15 Sya'ban.

Selain dirayakan berbeda hari, puncak pelaksanaan bulan ruwah ini, masing-masing wilayah juga memiliki bentuk perayaan yang khas pula.

Tradisi Ruwah Kubur rutin yang dilaksanakan menjelang datangnya bulan bulan suci Ramadhan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan tiap tahun pada tanggal 12 bulan Sya’ban setiap tahunnya oleh masyarakat Desa Keretak Kecamatan Sungai Selan.

Halaman
12
Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved