Info Kesehatan

Konsumsi Daging Olahan Setiap Hari Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Usus

Mengonsumsi daging merah atau olahan dalam jumlah sedang sekalipun dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal (usus),

Konsumsi Daging Olahan Setiap Hari Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Usus
Thinkstock
Penelitian terbaru menambah bukti yang menghubungkan daging merah dan olahan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal. 

BANGKAPOS.COMm - Mengonsumsi daging merah atau olahan dalam jumlah sedang sekalipun dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal (usus), menurut sebuah studi baru yang diterbitkan Rabu (17/4/2019).

Sedangkan mereka yang makan 76 gram daging merah dan daging olahan per hari, yang kira-kira sama dengan seperempat pon daging burger sapi, berpeluang 20% lebih tinggi terkena kanker kolorektal.

Menurut penelitian hal tersebut dibandingkan dengan orang lain yang makan sekitar 21 gram sehari, setara dengan satu iris ham.

Studi ini, seperti yang dilansir CNN, juga menemukan daging olahan, seperti sosis atau bacon, memiliki risiko lebih besar daripada daging merah.

Risiko kanker kolorektal naik 20% dengan setiap 25 gram daging olahan (kira-kira setara dengan irisan tipis bacon) yang dimakan manusia per hari.

Lalu akan meningkat sebesar 19% di setiap 50 gram daging merah (sepotong daging sapi panggang tebal, atau sedikit potongan daging domba yang dapat dimakan).

"Sejumlah kecil daging olahan tampaknya memiliki efek yang sama dengan sejumlah besar daging merah," kata profesor Tim Key, yang ikut menulis penelitian ini dan wakil direktur unit epidemiologi kanker Universitas Oxford. (*)

https://intisari.grid.id/read/031700802/daging-olahan-jika-dikonsumsi-tap-hari-tingkatkan-risiko-kanker-usus?page=all

Editor: fitriadi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved