Info Kesehatan

Stres Anda Dijamin Mereda, Cukup 20 Menit Berinteraksi dengan Alam

Stres bisa terjadi karena banyak penyebab, antara lain pekerjaan yang menumpuk, atau bahkan yang sekarang populer adalah karena kalah dalam pemilihan

Stres Anda Dijamin Mereda, Cukup 20 Menit Berinteraksi dengan Alam
hearstapps
20 menit saja berjalan di alam terbuka bisa mengurangi stres. 

BANGKAPOS.COM – Stres bisa terjadi karena banyak penyebab, antara lain pekerjaan yang menumpuk, atau bahkan yang sekarang populer adalah karena kalah dalam pemilihan umum.

Para peneliti telah menemukan dosis paparan luar yang tepat yang bisa digunakan oleh penyedia layanan kesehatan untuk membantu mengurangi tekanan mental.

Tim menyarankan untuk menghabiskan setidaknya 20 menit di tempat-tempat di mana Anda merasa berhubungan dengan alam secara signifikan dapat menurunkan kadar hormon stres.

Penelitian yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology ini, memberikan dosis khusus pengalaman alam perkotaan, yang menurut para peneliti dapat digunakan oleh para praktisi medis untuk meresepkan ‘pil alami’ di masa depan.

"Kita tahu bahwa menghabiskan waktu di alam mengurangi stres, tetapi sampai sekarang tidak jelas berapa banyak yang cukup, seberapa sering melakukannya, atau bahkan pengalaman alam seperti apa yang akan menguntungkan kita."

Demikian kata MaryCarol Hunter, penulis utama penelitian ini dan professor di University of Michigan, dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari medical daily.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa untuk hasil terbesar, dalam hal menurunkan kadar hormon stres kortisol secara efisien, Anda harus menghabiskan 20 hingga 30 menit duduk atau berjalan di tempat yang memberi Anda perasaan alami."

Hunter dan timnya juga merancang tes yang dapat digunakan dokter untuk mendapatkan perkiraan dosis efektif yang realistis bagi pasien.

Untuk penelitian ini, para peneliti meminta peserta untuk meminum pil alam hingga 10 menit atau lebih, tiga kali seminggu.

Mereka juga mengukur kadar hormon stres kortisol sebelum dan sesudah minum pil alami.

Temuan menunjukkan bahwa pengalaman alam 20 menit yang sederhana sudah cukup untuk secara signifikan mengurangi kadar kortisol.

Tetapi orang-orang yang lebih lama terpapar oleh alam, bahkan hanya dengan duduk di taman, mengalami tingkat kortisol mereka turun pada tingkat terbesar.

"Praktisi kesehatan dapat menggunakan hasil kami sebagai aturan praktis berbasis bukti tentang apa yang harus dimasukkan dalam resep pil alam," kata Hunter.

"Ini memberikan perkiraan pertama tentang bagaimana alam mengalami dampak tingkat stres dalam konteks kehidupan sehari-hari yang normal."

Dia menambahkan temuan mereka dapat menjadi dasar penelitian di masa depan, terutama yang akan berfokus pada efek alam dan stres, program kesejahteraan, resep pil alam yang disesuaikan serta desain kota masa depan. (*)

https://intisari.grid.id/read/031700975/cukup-20-menit-berinteraksi-dengan-alam-stres-anda-dijamin-mereda?page=all

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved