Pemilu 2019

Pemungutan Suara Ulang di Kabupaten Bangka Barat Bakal Tak Terlaksana

Rekomendasi Panwaslu Tempilang agar dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) dinilai KPU Bangka Barat rekomendasi yang tak berdasar.

Pemungutan Suara Ulang di Kabupaten Bangka Barat Bakal Tak Terlaksana
Tribun Jogja/ Suluh Pamungkas
Ilustrasi Pemilu 

BANGKAPOS.COM -- Rekomendasi Panwaslu Tempilang agar dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) dinilai KPU Bangka Barat rekomendasi yang tak berdasar.

Ketua KPU Bangka Barat, Pardi kepada bangkapos.com, Sabtu (20/4/2019) menjelaskan 11 DPT luar daerah yang dipermasalahkan oleh Panwaslu Tempilang, sudah terdaftar sebagai pemilih.

Namun kata Pardi bilapun nantinya Bawaslu Bangka Barat merekomendasikan PSU kembali, KPU Bangka Barat siap melaksanakannya.

"Hanya saja logistiknya yang harus disiapkan. Seperti surat suara, formulir, anggaran serta hal lainnya," kata Pardi.

Saat ini logistik untuk PSU lanjut Pardi belum bisa disiapkan. Untuk surat suara PSU yang ada hanya DPRD Kabupaten, Provinsi dan DPR RI.

"Kalau untuk surat suara pilpres PSU kita tidak ada. Harus mengajukan ke KPU RI," kata Pardi.

Bila ingin melakukan PSU untuk di TPS 04 Sangku, sesuai aturannya di PKPU 3 tahun 2019, dilakukan 10 hari setelah hari H pencoblosan. Sedangkan saat ini sudah 3 hari berlalu belum ada kejelasan kapan akan dilakukan PSU.

"Kalau soal waktunya itu kan 10 hari di dalam aturannya. Tapi kondisinya tidak bisa kita lakukan. Sekarang ini tinggal 7 hari," ujarnya.

Pardi juga menjelaskan rekomendasi PSU sampai saat ini ke Kabupaten belum ada. Teknis yang akan di PSU pun belum diketahui.

"Kalau semua jenisnya di PSU sulit dilakukan. Paling hanya jenis yang bermasalah saja, yang suara presidennya saja," kata Pardi.

(Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved