Info Kesehatan

Berbahayakan Reaksi Bisul di Lengan Bayi Usai Imunisasi BCG? Ini Penjelasan Dokter

Sejumlah kekhawatiran muncul, mulai dari takut infeksi atau justru mengatakan dokter salah suntik. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan bayi?

Berbahayakan Reaksi Bisul di Lengan Bayi Usai Imunisasi BCG? Ini Penjelasan Dokter
TRIBUN KALTIM/ARIDJAWANA
Seorang balita diberi vaksin imunisasi di rumah sakit. 

BANGKAPOS.COM--Sejumlah orangtua mengkhawatirkan hal ini. Bahkan, sejumlah kekhawatiran muncul, mulai dari takut infeksi atau justru mengatakan dokter salah suntik.

Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan bayi?

Menurut dokter spesialis anak di Rumah Sakit Siloam Makassar dr Ilham Lie SpA, kekhawatiran tersebut tidak benar.  Reaksi bisul di tempat suntikan BCG normal bisa terjadi.

"Vaksinasi BCG perlu untuk melindungi anak dari komplikasi berat TBC terutama radang otak (meningitis). Jangan sampai kekhawatiran akan bisul membuat anak tidak diimunisasi," ujarnya.

Lokasi munculnya bisul di tempat penyuntikan vaksin BCG adalah hal yang wajar.

"Awalnya bekas suntikan akan mengalami kemerahan yang diikuti bisul berisi nanah yang kemudian akan mengering dan menimbulkan jaringan parut," ujarnya.

"Jika anak belum pernah terpapar oleh kuman TBC, maka reaksi bisul BCG terjadi dalam kurun waktu dua sampai 12 minggu (paling sering antara 4 sampai 6 minggu). Jika bisul muncul kurang dari satu minggu, kemungkinan besar bayi atau anak tersebut telah terpapar kuman TB sebelumnya sehingga diperlukan pemeriksaan lanjutan," papar Ilham.

"Reaksi ini disebut reaksi cepat BCG (accelerated BCGreaction). Secara alamiah, bisul akan menyembuh dan meninggalkan bekas berupa jaringan parut yang datar berdiameter 2 – 6 mm. Jaringan parut tersebut biasanya terbentuk dalam waktu tiga bulan," tambahnya.

Namun demikian, menurut Ilham Jika tidak terbentuk bisul, bukan berarti vaksin BCG gagal atau tidak terbentuk proteksi sehingga tidak perlu dilakukan pengulangan walaupun bisul atau jaringan parut tidak terbentuk.

"Bisul akibat BCG tidak berbahaya. Jika timbul bisul di lokasi penyuntikan, tidak perlu dilakukan tindakan khusus oleh orang tua. Bayi atau anak perlu dibawa ke dokter jika terjadi bengkak yang hebat, demam tinggi, nanah yang banyak atau yang disebabkan oleh penyuntikan yang tidak steril (bukan akibat reaksi normal dari BCG)," tutupnya.(*)

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul TRIBUNWIKI: Usai Imunisasi BCG Muncul Bisul di Lengan Anak, Bahayakah? Ini Penjelasannya

Penulis: Ina Maharani

Editor: khamelia
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved