Berita Muntok

Bawaslu Babar Siapkan Mental Jajarannya Hadapi Pemungutan Suara Ulang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Barat sudah merekomendasikan kepada KPU Bangka Barat untuk menggelar pemungutan suara ulang

Bawaslu Babar Siapkan Mental Jajarannya Hadapi Pemungutan Suara Ulang
Bangkapos.com/Hendra
KPU Bangka Barat menggelar simulasi pemilu di TPS, Sabtu (13/4/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Barat sudah merekomendasikan kepada KPU Bangka Barat untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 04 Desa Sangku, Kecamatan Tempilang.

Rekomendasi yang dikeluarkan oleh Bawaslu Bangka Barat dengan Nomor: P-/K.Bawaslu.BB-02/PM.00.02/ IV/2019. Dalam surat tersebut Bawaslu Bangka Barat merekomendasikan untuk digelar PSU di  TPS 04 Desa Sangku untuk 4 surat suara yakni Pilpres, DPD RI, DPR RI dan DPRD Propinsi.

Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Bawaslu Bangka Barat, Annas mengatakan untuk PSU di TPS 4 Desa Sangku saat ini dalam proses persiapan.

“Kita masih berkoordinasi dengan KPU Bangka Barat untuk persiapan PSU di TPS 4 Desa Sangku. SK Rekomendasi sudah kita terbitkan,” kata Annas kepada harian ini, Selasa (23/4/2019).

Persiapan lainnya kata Annas, Bawaslu juga mempersiapkan jajaran di bawah Bawaslu untuk melaksanakan PSU yang akan digelar tanggal Sabtu, 27 April nanti.

Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi mengaatakan berbagai persiapan yang dilakukan oleh Bawaslu untuk keperluan PSU tersebut yakni mempersiapkan tenaga Pengawas TPS (PTPS) di TPS 4 Desa Sangku. Demikian juga dengan Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tempilang.

“Kalau PTPS Tempilang tidak siap nanti kita bisa menggerakkan dari Panwascam lain. Karena kita tahu Panwascam Tempilang juga masih proses rapat pleno. Nanti kita bisa gunakan pengawas dari kecamatan lain dan menggunakan administrasi yang baru,” kata Rio Febri Fahlevi.

Terkait pelaksanaan PSU di TPS 4 Desa Sangku yang terlalu mepet waktunya, Rio mengatakan sudah sesuai dengan aturannya. Dalam PKPU, PSU digelar 10 hari setelah hari pencoblosan dilakukan.

“Aturannya sudah seperti itu. Jadi siap tidak siap kita harus siap. Tidak hanya KPU saja, tapi Bawaslu juga harus siap untuk ikut mengawasi jalannya pencoblosan di TPS 4. Makanya kita juga mempersiapkan jajaran dibawah untuk melakukan pengawasan, baik mental maupun fisik harus kuat,” jelas Rio.

Rio juga menambahkan untuk PSU nanti, KPU juga harus bisa memastikan para pemilih untuk bisa hadir memilih ke TPS 04 Desa Sangku. Dan dia juga mengimbau agar masyarakat yang berada di TPS 04 Desa Sangku untuk bisa hadir mencoblos. 

(Bangka Pos / Hendra)

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved