Berita Pangkalpinang

Babel Masih Tunggu Kepastian Penambahan Kuota Jamaah Haji Tahun Ini

Hingga kemarin belum ada kepastian apakah akan ada penambahan kuota haji untuk Provinsi Babel.

Babel Masih Tunggu Kepastian Penambahan Kuota Jamaah Haji Tahun Ini
Bangkapos.com/Dok
Kepala Biro Kesra Setda Babel, Asyraf Suryadhin. 

BANGKAPOS.COM - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih menunggu kepastian apakah ada penambahan kuota jemaah haji di Babel pada 2019.

Ini terkait adanya penambahan 10000 kuota dari Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia setelah kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke sana baru-baru ini.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Asyraf Suryadin mengatakan, hingga kemarin belum ada kepastian apakah akan ada penambahan kuota haji untuk Provinsi Babel.

"Yang akan berangkat itu 1069 orang. Ini belum ada tambahan dari rencana ada penambahan 10000 dari Arab Saudi. Kami belum tahu terkait ini, kami belum menerima informasi, baru di media. Secara perencanaan, kami berdasarkan patokan kuota awal" kata Asyraf kepada bangkapos.com di Kantor Gubernur Babel, Jumat (26/4/2019).

Menurut Asyraf, penambahan kuota jamaah haji pernah terjadi pada musim 2017. Jika ada tambahan, pihak terkait tinggal melakukan penyesuaian persiapan.

"Kalau ada penamabahan, yang jelas ini akan ada aturannya nanti. Makanya kami sedang menunggu itu," ujar dia.

Pemprov Babel telah menggelar rapat perdana mengenai kesiapan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji Babel tahun ini, Kamis (25/4/2019) kemarin. "Kami membahas apakah nanti keberangkatannya di asrama haji atau masih di kanwil. Ini persiapan awal saja," katanya . 

Asyraf mengatakan, seluruh jemaah haji di Babel diminta untuk menyiapkan kondisi kesehatannya. Secara nasional, 44 persen jemaah haji Indonesia adalah jemaah lanjut usia.

"Kami berharap para jemaah bisa menjaga kondisi kesehatan baik saat pemberangkatan, di sana, hingga pemulangan. Kalau melihat rata-rata nasional, jemaah Babel juga banyak yang lansia," kata dia.

Dilangsir dari Kompas.com, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, pemerintah akan membagi tambahan 10.000 kuota haji Indonesia secara proporsional untuk seluruh provinsi yang ada dengan prioritas untuk para lansia dan para pendampingnya serta jamaah lain.Menteri Lukman berjanji akan berusaha maksimal merealisasikan pengadaan fasilitas pelayanan dan segala sesuatunya untuk mengeksekusi tambahan 10.000 kuota jamaah haji Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved