Berita Bangka Barat

Bupati Ingin Masyarakat Bangka Barat Siaga Hadapi Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat menggelar acara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB)

Bupati Ingin Masyarakat Bangka Barat Siaga Hadapi Bencana
Bangkapos.com/Hendra
Kepala Basarnas Babel, Danang Priandoko memberikan cenderamata kepada Bupati Babar, Markus saat memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana di Kampung Iklim Teluk Rubiah, Bangka Barat, Jumat (26/4/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat menggelar acara peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB), di Kampung Iklim Teluk Rubiah, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (26/4/2019).

Hadir dalam peringatan HKB tersebut, Bupati Bangka Barat, Markus, Kepala BPBD Babel Mikron Antariksa, Kepala Basarnas Babel, Danang Priandoko, serta Forkopimda dan pelaku usaha di Bangka Barat.

Kepala Kesbangpol dan Basarnas Babar, Sidarta Gautama mengatakan peringatan HKB hari ini merupakan yang keduakalinya dilakukan di Bangka Barat.

"Bangka barat salah satu daerah yang pernah terjadi bencana alam yakni banjir. Dengan HPN ini dan adanya simulasi agar masyarakat dan BPBD Babar siaga dalam menghadapi bencana," kata Sidarta Gautama.

Bupati Bangka Barat, Markus mengatakan bencana alam di Bangka Barat ini terjadi banjir dan gempa bumi. Bencana alam ini terjadi hampir setiap tahun dan pada musim penghujan.

"Kita tentunya tidak terjadi bencana alam, tetapi bila memang terjadi kita sudah siap siaga. Baik mengantisipasi terjadinya bencana maupun menanggulangi bencana alam yang terjadi," kata Markus.

Dia juga mengatakan masyarakat Bangka Barat pun harus siaga menghadapi bencana alam. Siaga bencana ini harua dilakukan dari tingkatan terendah, dari RT, RW, Desa dan Kelurahan hingga pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan pentingnya mengedukasi masyarakat dalam menangani bencana.

"Setiap tahun di Babel selalu ada bencana alam yang terjadi. Karenanya melalui HKB ini latihan dan simulasi penanganan bencana sangat penting," kata Mikron.

Dalam HKB di Bangka Barat tidak hanya dilakukan simulasi penanganan bencana saja. Peringatan HKB di Bangka Barat dilakukan juga penanaman pohon disekitar pantai Teluk Rubiah.

Penulis: Hendra
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved