Berita Pangkalpinang

Ini Daftar Potensi Bencana di Babel, Masyarakat Harus Siap Hadapi Bencana Alam

Sejumlah bencana seperti banjir, puting beliung, kebakaran lahan, banjir rob, dan longsor berpotensi terjadi di Babel.

Ini Daftar Potensi Bencana di Babel, Masyarakat Harus Siap Hadapi Bencana Alam
Bangkapos.com/Dok
Peserta dekrlarasi HKB ke-2 di lingkungan Pemprov Babel, Jumat (26/4/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Bencana (BPBD) Babel Mulyadi mengatakan, sejumlah bencana seperti banjir, puting beliung, kebakaran lahan, banjir rob, dan longsor berpotensi terjadi di Babel.

Menurutnya, hal yang paling mendasar yang diperlukan masyarakat saat menghadapi potensi bencana ini adalah kesiapsiagaan.

"Kesiapsiagaan itu dimulai dari diri kita sendiri. Kami tetap akan terus sosialisasi kepada masyarakat, instansi atupun OPD mengenai perlunya kesadaran kita untuk mengetahui dan memahami cara-cara menyelamatkan diri kalau terjadi bencana," kata Mulyadi di halaman Kantor Gubenur Babel seusai acara deklarasi Kesiapsiagaan Bencana, Jumat (26/4/2019) pagi.

Pemprov Babel menggelar peringatan HKB II dengan melakukan deklarasi kesiapsiagaan oleh ratusan pegawai Pemprov Babel dipimpin Sekretaris Daerah Babel Yan Megawandi.

"Deklarasi ini lebih ditujukan untuk membuat awareness bagi semua orang apabila terjadi bencana. Untuk menyelematkan dirinya sendiri dulu, baru kemudian orang lain," kata Yan seusai deklarasi.

Dia juga meminta seluruh kantor OPD menyiapkan peta jalur evakuasi dan menyepakati Standar Operasional Prosedur jika terjadi bencana.

"Kalau di hotel-hotel itu ada peta jalur evakuasinya, saya minta seluruh gedung ada jalur evakuasinya sebagai tanda bahwa kita memilki rencana apabila terjadi bencana, kebakaran, gempa bumi, yang semua tidak kita harapakan tetapi bisa saja terjadi," kata Yan.

Peringatan HKB jatuh jatuh pada setiap 26 April. Tahun ini, HKB di Babel dipusatkan di Bangka Barat.

Pada HKB kali ini, BPBD Babel mengimbau melakukan sumulasi mandiri secara serentak pada hari ini, pemeriksaan alat-alat keselematan di kantor, sekolah, dan di lapangan terbuka, serta melakukan deklarasi kesiapsiagaan bencana oleh pemerintah dan masyarakat. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved