Kanal

Nona, Pengepul Produk UKM yang Pantang Menyerah

Nona memamerkan produk teh gaharu di galeri ukm yang berada di Giant. - bangkapos.com/Khamelia

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sosok Nona sudah tak asing lagi di kalangan pedagang kecil yang ada di kabupaten Bangka Tengah.

Ia pun dikenal sebagai seorang pengepul produk ukm yang cukup gesit dalam hal pemasaran.

Alasan Nona menekuni aktifitas ini cukup sederhana, karena produk ukm khas Bangka Tengah punya keistimewaan dan berbeda dari yang lain, sehingga sangat disayangkan jika tidak mampu berkembang gara-gara pemasaran.

Nah, berawal dari situ pula Nona tergerak membuka toko oleh-oleh khas Bangka Tengah yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Berok, Bangka Tengah.

Nona bercerita awal-awal sebagai penampung produk ukm dirinya pernah rugi dikarenakan barang tidak laku dan akhirnya lapuk.

Tanpa kata menyerah, barang-barang yang sudah tidak layak lagi dimakan ia buang tanpa dikembalikan kepada ukm.

"Karena kasihan mereka pasti rugi. Dari situ saya berpikir keras bagaimana caranya produk ukm ini bisa maju. Akhirnya saya bertemu bupati untuk menyuarakan uneg-uneg saya," tuturnya.

Lanjut Nona, ia pun menyarankan agar pns Bateng yang ingin membeli oleh-oleh harus membeli produk ukm Bangka Tengah, dan setiap ada acara minumnya sirup jeruk kunci.

"Saya menyarankan seperti itu sehingga uangnya akan masuk dan berputar ke kita juga. Nah setelah diterima dan berjalan lambat laun produk ukm kita mulai berkembang hingga sekarang," ujar honorer bagian penyuluh lapangan ukm dan koperasi Bateng ini.

Halaman
12
Penulis: khamelia
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com

Viral Wanita Terobos Rombongan Presiden Jokowi dan Acungkan Jari Tengah, Tabrak Polisi yang Mengawal

Berita Populer