Begini Caranya Jika Anda Stres di Kantor

BANGKAPOS.COM - Stres di kantor memang membuat susah. Konsentrasi hilang, pekerjaan terlantar, target berantakan, akibatnya, atasan bisa uring-uringan.

Tapi percayalah, stres di kantor banyak obatnya, beberapa hal yang paling sederhana adalah dengan mendengarkan musik atau memperbanyak interaksi dengan rekan kerja.

Soal mendengarkan musik, penelitian tahun 2008 yang dilakukan University of Maryland School of Medicine mengungkapkan, mendengarkan musik favorit selama 30 menit mampu melepaskan zat endorfin untuk mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit.

Hal ini juga semakin bermanfaat baik sebab tubuh menjadi selaras dengan suara musik yang didengarkan.

Mendengarkan musik juga dapat membantu memperbaiki sistem imun dan keadaan mental yang mengurangi stres.

Secara umum, dampak mendengarkan musik adalah berkurangnya ketegangan otot, detak jantung melambat, dan energi pun meningkat sesuai dengan irama.

Kita juga bisa berinteraksi dengan rekan kerja. Gretchen Rubin, penulis buku The Happiness Project, mengatakan, melakukan sesuatu yang baik akan mengurangi frustrasi di lingkungan kerja.

Misalnya, kita bisa membantu rekan kerja dengan mengirimkan e-mail informasi yang bermanfaat.

Selain menolong sesama, interaksi dengan sekitar juga dapat membantu menyegarkan kembali pikiran kita.

Yoga dianggap ampuh untuk menghilangkan stres di kantor. Siapa yang tidak tahu manfaat yoga? \

Yoga dikenal ampuh untuk menghilangkan stres. Kita bisa melakukannya sebelum tidur, atau ketika kita tengah merasa penat dan jenuh.

Manfaat yoga secara fisik antara lain mengurangi nyeri kronik, membuat tidur lebih nyenyak, juga memperbaiki mood dan mengurangi stres.

Beberapa penelitian menyebut bahwa yoga memiliki kaitan dengan penanganan stres.

Dalam laporan yang diunggah pada 2012 di Medical Hypotheses, yoga disebut dapat menurunkan stres karena gerakan-gerakannya bisa memperbaiki ketidakseimbangan sistem saraf.

Pijat juga dianggap ampuh untuk relaksasi dan menghilangkan stres. Pijat juga mormal kembali tekanan darah.

Setelah pemijatan, kita akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja bisa memulihkan badan yang letih. (Intisari)