Kanal

Petani Bangka Barat Barang Sulit Kembangkan Kebun Kalau Lahan Masih HP

Slamet pemilik kebun cabai merah didampingi Penyuluh Pertanian Lapangan Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Bangka Haryadi, saat panen cabai dikebun miliknya, Jumat (2e/5/2015) di Kelurahan Sinar Baru. - dok. bangkapos.com

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keterbatasan lahan untuk pengembangan pertanian dan perkebunan masyarakat, menjadi masalah sendiri bagi petani dan pemerintah.

Lahan di 21 desa di Kabupaten Bangka Barat yang kini sudah menjadi HTI. 

(Desanya secara resmi telah mengajukan penolakan pembangunan Hutan Tanaman Industri yang disampaikan bersama Bupati Bangka Barat Ustad H Zuhri M Syazali ke Gubernur melalui Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rata-rata petaninya berkebun di Hutan Produksi (HP)

Seperti masyarakat Desa Pelangas Kecamatan Simpang Teritip, secara turun menurun usaha kebunnya kebanyakan di dalam HP (HP kini jadi HTI).

Petani Desa Pelangas Welly Wahyudi mengatakan, tidak ada lahan lain sebagai tempat berkebun, kecuali di HP.

"Kalau bukan di HP mau berkebun dimana lagi, harapan satu-satunya di HP itulah, masyarakat berkebun di lahan itu sudah turun menurun," ujar Welly kepada bangkapos.com Kamis (3/11/2015).

Dikatakan Welly, masyarakat petani di Pelangas banyak berharap, agar HP yang sudah dikelola oleh petani secara turun menurun, tetap bisa dikelola petani. Apakah itu melalui hutan tanaman rakyat (HTR) atau lainnya, asal tidak melalui HTI.

Sebelumnya, Wandi warga Dusun Payak Desa Air Bulin mengemukakan hal sama.

"Hampir 100 persen kebun masyarakat di Payak berada di dalam HP yang kini sudah jadi HTI. Semoga usulan penolakan HTI dialihkan ke HTR, yang diusulkan oleh desa-desa dan Pak Bupati bisa terwujud," harap Wandi.

Menurut Wandi, bagi masyarakat Dusun Payak, tidak ada lokasi lain untuk berkebun, kecuali di HP.

Petani di Payak berkebun di HP, itu sejak zaman dulu, sudah secara turun menurun.

Penulis: riyadi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com

Pengakuan Wanita Penabrak Anggota Polisi usai Terobos Rombongan Presiden Jokowi

Berita Populer