Kanal

Penambang Tinggalkan Dua Mesin TI di Kaki Bukit Menumbing

Setelah ditangkap oleh Tim Gabungan Lintas Sektoral (Polsek, Koramik Muntok, Satpol PP Pemkab Bangka Barat, Lurah Sungai Daeng, Ketua RT/RW 4/2 Sungai Daeng), Kamis (11/2/2016). Para penambang mengangkut barang buktinya sendiri untuk diamankan ke Polsek Muntok. Ada 13 penambang diamankan, karena beroperasi di Kawasan Hutan Konservasi Menumbing. - IST

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Forum Peduli Menumbing, kelurahan Sungai Daeng, Muntok bersama anggota Koramil dan Polsek Muntok menyisir area bukit Menumbing.

Tim gabungan menemukan dua unit mesin tambang inkonvensional (TI) ditinggal pergi pemilik dan pekerjanya, Rabu (9/3).

Pendiri Forum Peduli Menumbing, Hermansyah mengatakan, forum ini dibentuk guna menjaga kelestarian Menumbing dari aktivitas ilegal di area Menumbing. Melibatkan perangkat kelurahan hingga RT dan RW dan masyarakan Sungai Daeng.

"Kami harap kawasan Menumbing steril dari segala bentuk aktivitas ilegal, khusunya aktivitas penambang semacam ini," kata Herman yang juga Plt Lurah Sungai Daeng.

Selain menjadi tempat bersejarah, hutan Menumbing merupakan paru-paru kota Muntok yang sejatinya dijaga dan pelihara.

Terbentuknya forum ini diharapkan mampu membentuk sinergitas seluruh elemen, bersama-sama menjaga kelestarian hutan Menumbing.

Kedepan, kegiatan semacam ini akan dilakukan rutin, supaya tidak ada celah bagi penambang dan pembalakan liar dikawasan hutan lindung dan konservasi menumbing ini.

"Nantinya penyisiran semacam ini rutin kami lakukan. Jika ditemukan pekerja atau pelaku kegiatan ilegal di sekitar sini, maka akan kami tindak dan serahkan kepada pihak kepolisian," ujarnya. (L3)

Editor: Hendra
Sumber: babel news

Terekam Kamera Sosok Pria yang Diduga Selingkuhan Angel Lelga, Digerebek Vicky Berduaan di Kamar

Berita Populer