Kanal

Dituduh Punya Harta Rp 9 Triliun, Rupanya Segini Harta SBY

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono - KOMPAS.com/Sabrina Asril

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono marah besar terhadap viral di media sosial yang menyebutnya memiliki harta kekayaan senilai Rp 9 triliun.

Ia merasa angka itu diluar nalar. Bahkan jika memiliki harta kekayaan sebesar Rp 9 triliun, maka dirinya harus masuk daftar 150 orang terkaya di Indonesia.

"(Soal) harta Rp 9 triliun. Naudzubillahimindzalik! Kalau benar saya harusnya masuk 150 orang terkaya Globe Asia," kata SBY dalam juma pers di kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/11/2016).

Baca: 6 Tips Mengatasi Anak Kecanduan Main Handphone Baca: Foto dan Video dari Suriah Ini Menebar Ancaman Baca: Fahri Hamzah Bilang Soal Ahok, Semua Salahnya Jokowi

"Ada yang tertawa ada yang tak ketawa katanya berita Rp 9 T ini pertama disiarkan di televisi," tambah SBY.

Sebenarnya berapa harta SBY?

Berdasarkan  Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang dilakukan SBY pada 4 Mei 2012, jumlah harta presiden SBY sebesar Rp 9,3 Miliar dan  589.189 USD.

Berikut LHKPN SBY:

Baca: Basuki Tjahaja Purnama Ngaku Hanya Bisa Pasrah Sikapi Aksi Unjuk Rasa 4 November Baca: Pemandangan 5 Desa di Jepang Ini Bakal Bikin Kamu Betah Habiskan Malam, Sungguh Menakjubkan

SBY merasa tuduhan memiliki harta kekayaan hingga Rp 9 triliun itu adalah sebuah fitnah yang keji.

Apalagi ada pegiat di media sosial yang membuat meme kemudian disebarkan ke media sosial dan menjadi viral.

"Saya disebut memiliki kekayaan Rp 9 triliun. Kalau gitu saya harusnya masuk dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia. Orang terkaya di Indonesia ke 150, kekayaannya Rp 1,5 triliun. Mestinya SBY masuk di daftar ini.

Baca: Foto dan Video dari Suriah Ini Menebar Ancaman Baca: Hidayat: Saya Keturunan Tionghoa yang Diangkat Keluarga Arsani

Tapi saya baca 10 kali enggak masuk!," kata SBY pada jumpa pers di kediamannya di Cikeas Bogor, Selasa (2/11/2016).

Ucapan terakhir SBY antara bercanda dan sindiran itu kemudian mengundang tawa sebagian pendampingnya, para stafnya dan awak media massa yang hadir di jumpa pers itu.

Namun, SBY tidak ikut tertawa. "Ada yang tertawa, ada yang tidak tertawa!," pungkasnya.

Bila saat ini dirinya masih menjadi orang yang 'berkuasa', kata SBY, barangkali yang menyebarkan fitnah tersebut sudah ketakutan, barangkali Bareskrim sudah ketemu pelakunya.

"Terhadap fitnah yang keji, kalau saya punya kekuasaan era sekarang ini, barangkali yang menyebarkan fitnah itu sudah ketakutan, barangkali Bareskrim bisa ketemu (pelakunya)," kata SBY.

Sumber: bangkapos.com

Kronologi Anggota The Jak Mania Tewas Dikeroyok Oknum Suporter Persib, sempat Minta Tolong

Berita Populer