Kanal

Masih Ada 3 Persen Masyarakat Belitung Belum Rekam E-KTP

Warga Kabupaten Bangka Barat merekam E-KTP di Dukcapil - Bangka Pos / Anthoni

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera mengurus KTP Elektronik atau Surat Keterangan Sementara (Suket).

Pasalnya dokumen adminduk tersebut sangat penting untuk menggunakan hak pilih pada 15 Februari mendatang.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Belitung, perekaman KTP Elektronik, dari wajib E-KTP 113.810 sudah tercapai 110.569 atau 97, 15 persen.

"Artinya masih tersisa sekitar 3 persen lagi, jadi segera diurus di Disdukcapil. Jangan sampai nanti tidak bisa memilih gara-gara tidak punya KTP Elektronik ini," ujar Sanem dalam paparannya, Kamis (12/1/2017).

Sanem menjelaskan, KTP Elektronik juga bermanfaat untuk keperluan mendasar lainnya, seperti kesehatan hingga mengurus surat kendaraan.

Peranan KTP Elektronik dalam Pemilu sangat penting, karena sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang.

Pada pasal 57 ayat (1) menyebutkan bahwa untuk dapat menggunakan hak memilih, warga negara Indonesia harus terdaftar sebagai Pemilih.

Dan pada ayat (2) disebutkan dalam hal warga negara Indonesia tidak terdaftar sebagai Pemilih, pada saat pemungutan suara menunjukkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Selanjutnya, penggunaan KTP Elektronik ini juga diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2016 tentang Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota.

Tepatnyta dalam Pasal 4 ayat 2 berbunyi Pemilih harus memiliki syarat, point (d) berdomisili di daerah Pemilihan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik, dan point (e) dalam hal Pemilih belum mempunyai KTP, dapat menggunakan Surat Keterangan yang diterbitkan dinas yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil setempat.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com

Anjing Milik Korban Pembunuhan di Bekasi Tak Mau Makan dan Menangis, Pakar: Bisa jadi Saksi

Berita Populer