Asyik, Oto Pownis Kini Kembali Mengaspal Lagi di Kota Pangkalpinang

Laporan Wartawan Bangkapos, Riski Yuliandri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bagi generasi yang lahir di Pulau Bangka pada tahun 70an dan 80an tentu sangat akrab dengan mobil angkutan umum satu ini.

Mobil itu akrab disebut dengan panggilan Oto Pownis oleh warga Pulau Bangka dan merupakan kendaraan transportasi umum yang beroperasi di Pulau Bangka sekitar tahun 1970 hingga 2000.

Kendaraan yang biasa digunakan untuk mengantar barang dan penumpang kini sudah sangat sulit ditemui lagi.

Baca: Penanaman Lada Meningkat Tapi Ekspor Malah Turun, Harga Diprediksi Capai 150 Ribu/kilo

Bahkan banyak warga sangat merindukan transportasi yang memiliki kepanjangan Perusahaan Oto Warga Negara Indonesia Sungailiat (pownis) tersebut.

Sebelum banyaknya kendaraan bermotor seperti saat ini, pownis merupakan transportasi favorit warga bangka, namun seiring berjalannya waktu, mobil bus tersebut.

Dua Mobil Pownis yang akan mengantar pengunjung museum timah keliling kota pangkalpinang.

Namun sekarang, PT Timah kembali menghadirkan kendaraan tersebut untuk masyarakat bangka yang ingin bernostalgia.

Dua kendaraan pownis siap mengantarkan siapa saja yang ingin melihat tempat-tempat bersejarah di Pangkalpinang.

Kedua pownis tersebut diresmikan langsung oleh Direktur Utama PT Timah, Mochtar Riza Pahlevi Tambrani yang dihadiri berbagai direksi dan perwakilan dari pemprov babel dan pemkot pangkalpinang.

"Ini salah satu komitmen kita untuk mendukung dunia pariwisata dan menjaga sejarah-sejarah yang ada di bangka," ungkapnya saat melaunching Pownis City Tour di Museum Timah Pangkalpinang, Selasa (24/1/2017).

Rencananya Pownis City Tour akan beroperasi bagi pengunjung musem timah pangkalpinang setiap sabtu dan minggu saja dengan trip tempat-tempat bersejarah di kota Pangkalpinang.

Tempat-tempat yang menjadi trip oto (mobil) Pownis tersebut diantaranya rumah residen (rumah dinas walikota pangkalpinang, tugu pergerakan kemerdekaan, pemakaman belanda (kerkhof) serta masjid jamik.

Kehadiran pownis di tengah kota Pangkalpinang memberi kesan tersendiri bagi Fitriansyah.

Asisten II setda Kota Pangkalpinang tersebut sangat senang dengan bantuan yang diberikan oleh PT Timah untuk menjalankan kembali ikon transportasi masyarakat Bangka di Pangkalpinang.

Menurutnya, sejak dulu ia sering menggunakan jasa transportasi mobil pownis tersebut.

Banyak cerita dan kesan yang dirasakan sehingga kehadiran mobil pownis tersebut mengingatkan dengan masa lalunya.

"Keluarga saya punya kebun di kenanga jadi tiap mau kesana harus nunggu dulu di jembatan hotel puncak terus turun di pabrik es kenanga. Jasa mobil ini sangat berarti bagi masyarakat bangka waktu dulu," ungkapnya, Selasa (24/1/2017).

Dengan adanya pownis city tour dari PT Timah tersebut akan mengembalikan ingatan-ingatan warga dimasa lalu sehingga tetap menjadi ikon transportasi legendaris di pulau bangka.

"Saya yakin adanya pownis ini akan menjadi daya tarik bagi dunia pariwisata kita, tapi pemerintah juga harus memperhatikan tempat-tempat wisata yang menjadi trip mobil ini," tambah Fitriansyah.

Selain Pownis, ada mobil angkutan umum lainnya yang populer di Pulau Bangka pada era 90an seperti Oto Gobu jurusan Pangkalpinang-Belinyu dan mobil merek chevrolet jurusan Pangkalpinang-Koba-Toboali.(*)