Mimpi Digigit Ular Pertanda Dapat Jodoh, Inilah Mitos Mimpi yang Masih Dipercaya Masyarakat Kita

BANGKAPOS.COM--Mimpi adalah bunga-bunga kehidupan dimana kita bisa berfantasi tanpa di hadang ruang dan waktu. 

Semua orang tentu pernah bermimpi dan tentang mimpi, banyak orang yang menganggap hal ini tak bermakna apa pun, istilahnya hanya bunga tidur saja. 

Tapi, bagi sebagian yang lain, mimpi tak hanya sebagai pelengkap melainkan punya arti tersendiri. Mimpi bagi banyak orang kadang bisa jadi petunjuk, firasat, bahkan ramalan tentang apa yang bakal terjadi.

Baca: Pria Wajib Tahu, Inilah 10 Dampak Buruk Jika Terlalu Sering Mengeluarkan Air Mani

Bagaimana dengan masyarakat Indonesia? sebagai negara yang  kental dengan ragam budayanya kepercayaan tentang mitos mengenai mimpi tentu masih lumayan kuat.

Bahkan, menurut kebanyakan orang, mimpi bisa berarti tanda jelas akan terjadinya sesuatu yang biasanya dikemas dalam mitos-mitos.

Ilustrasi

Dikutip dari laman boombastis.com, berikut ini beberapa mitos tentang si bunga tidur yang hingga hari ini masih banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Digigit Ular
Dari banyak mimpi, digigit ular adalah yang paling banyak dibahas orang. Alasannya tak lain karena mimpi satu ini memiliki mitos yang cukup penting, terutama bagi kaum hawa.

Baca: Waspada! Video Mesum Bertema Tokoh Superhero atau Kartun kini Marak Beredar di YouTube

Jadi, barang siapa bermimpi digigit ular, terlepas dari ukuran dan sebagainya, maka ia dikatakan bakal segera bertemu dengan jodohnya atau gampangnya dipastikan akan menikah.

Meskipun begitu dipercaya, tapi mimpi ini agak susah dibuktikan. Banyak kok yang mimpi digigit ular berkali-kali tapi tak kunjung mendapatkan jodoh.

Baca: Putuskan Mundur Sebagai Anggota DPR, Penyanyi Cantik yang Seorang Mualaf Ini Kini Mantap Berhijab

Tapi, memang ada juga yang baru mimpi sekali tapi tak lama kemudian benar-benar menikah. Terlepas dari mimpi ular yang kental dengan menikah, namun sejatinya jodoh adalah urusan Tuhan.

 Mimpi Hamil

Mengandung dalam alam tidur kerap dikaitkan dengan keberuntungan dan juga kesialan. Mitosnya, jika orang melihat dirinya sedang hamil dalam mimpi, dipercaya bahwa ia akan mendapat keberuntungan atau memperoleh sesuatu yang diinginkan. Mitos ini hanya berlaku bagi wanita tentu saja.

Baca: Luar Biasa, Kakek Berusia 79 Tahun ini Sudah Tiduri 2084 Orang Wanita, Kalahkan Rekor Bos Playboy

Namun, jika dalam bunga tidur tersebut melihat orang lain yang tengah berbadan dua, berarti akan ada hal kurang baik yang menimpa orang tersebut. Mitos ini banyak dipercaya, meski sebagian orang berpendapat jika hal tersebut tidak terbukti.

 Ditindih Makhluk Halus
Kejadian ini merupakan fenomena gangguan tidur. Di mana orang bisa sangat sulit bergerak, bahkan sesak untuk bernapas.

Mereka merasa ada sesuatu yang berat tengah menindih dan juga mencekik. Beberapa orang percaya jika itu adalah gangguan bangsa gaib.

Namun, dalam sebuah penelitian terbaru, ditemukan bahwa hal tersebut dikarenakan pengaruh otak. Meski demikian, banyak yang kurang percaya pada teori penelitian dan tetap menganggap jika mimpi ditindih memang menjadi bukti bahwa jin selalu ada di sekitar kita.

 Mimpi Jatuh
Pernahkah kamu bermimpi jatuh padahal saat itu belum benar-benar tertidur? Menurut sebagian orang, terjatuh dalam lelap bisa diartikan sebuah pesan yang meminta kita untuk segera bangun. Namun, secara ilmiah juga dijelaskan jika hal itu bisa terjadi ketika kamu dalam kondisi sangat lelah.

Karena keletihan tersebut, tubuh pun tidak bisa melewati tahap tidur yang sewajarnya. 

Menurut David Bodanis, saat itu badan tengah melakukan gerakan yang sifatnya melindungi. Ketika tengah tertidur, otot yang melemas diartikan oleh pikiran sebagai jatuh. Saat itu, otak pun mengirim pesan pada tubuh agar tetap tegak kembali.

 Mimpi Menikah
Bermimpi menjadi pengantin atau menghadiri suatu resepsi pernikahan juga dipercaya memiliki arti khusus. Hal tersebut bisa bersangkutan dengan pekerjaan atau sesuatu yang penting.

Namun, jika kamu memang punya niatan untuk berkomitmen dengan pasangan, bisa jadi alam bawah sadar memberikan sinyal bahwa dia adalah orang yang tepat.

Mimpi menikah memang sering dianggap pertanda baik, tapi tak jarang juga orang yang beranggapan sebaliknya. Ya, ketika mendapati mimpi dengan gambaran pernikahan, dikatakan bahwa hal tersebut jadi pertanda kalau bakal ada seseorang seseorang yang meninggal. Biasanya sih orang-orang terdekat entah keluarga atau tetangga samping rumah.

 Mimpi memang bisa berarti banyak hal. Namun yang pasti, hal semacam ini adalah sesuatu yang lumrah. 

Adapun ketika mendapati mimpi buruk, ya kita yakini saja kalau hal tersebut bakal terjadi sebaliknya. Ketika yang terjadi baik, kita bisa anggap kalau hal tersebut mungkin akan segera terjadi.

Pandangan Psikologi

Dikutip dari vebma.com, Ian Wallace seorang ahli psikologi dan pengamat mimpi yang sudah tidak diragukan dedikasinya selama 30 tahun lebih menyatakan “mimpi merupakan simbolisasi dari pristiwa tertentu yang kita alami di dunia nyata, khususnya seharian sebelum tidur”. 

Dia pernah meneliti empat jenis mimpi yang paling banyak dialami manusia beserta arti serta sikap yang harus diambil ketika bangun dari mimpi tersebut.

Tafsir Mimpi Dikejar-kejar, Artinya Kamu Sedang Memiliki Masalah Tapi Tidak Tahu Cara Menyelesaikannya

Coba kamu ingat-ingat lagi, mungkin beberapa minggu ini kamu sedang bingung menghadapi suatu masalah, biasanya apabila kamu bingung menghadapi masalah maka otakmu secara otomatis akan merekam sehingga membuat masalah tersebut tersimbolisasi melalui mimpi. 

Cara menyikapi mimpi ini kamu tidak perlu ragu lagi menghadapi masalahmu, masalah seringkali menjadi pintu bagimu untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan menuju kedewasaan. 

Apabila masalahmu sudah selesai dijamin kamu tidak akan mengalami mimpi ini lagi.

Sering Mimpi Terjatuh Menandakan Kalau Dirimu Terlalu Fokus dan Serius Menanggapi Suatu Hal

Terlalu fokus disini mungkin saat ini kamu sedang memiliki tujuan yang harus dikejar, seperti menyelesaikan skripsi, lagu, artikel atau hal lain yang membuatmu berkutat terlalu lama sepanjang hari sampai lupa waktu. 

Cara menyikapi ini mimpi dengan bersantai sejenak, jangan terlalu fokus memegang kendali. 

Terkadang kamu hanya perlu percaya pada skillmu sendiri, percaya kepada orang lain, percaya bahwa Tuhan membantumu. Ingat kamu tidak sendiri di dunia ini.

Menurut Wallace Jika Mimpi Gigimu Terlepas Berarti Kamu Sedang Dalam Krisis Percaya Diri

Mungkin kalian pernah mendengar mitos gigi terlepas dari orang-orang terdahulu dengan makna “gigimu lepas ya, wah ini menandakan keluarga atau kerabatmu akan ada yang meninggal”. 

Dari segi pandangan psikolog sangat jauh berbeda, menurut psikolog Gigi adalah simbol kepercayaan atau kekuatan diri. Maka bisa kita maknai mimpi ini bisa jadi kamu sedang dalam situasi yang menyebabkan kepercayaan dirimu goyah.

Cara menyikapinya jangan terpuruk akan keadaan, kamu perlu berpikir tenang dan menghadapi situasi sulit tersebut. Anggap saja apa yang sedang kamu hadapi itu adalah tantangan hidup biar hidupmu terasa tertantang.

 Mimpi Menemukan Ruangan Tidak Terpakai Memiliki Tafsir Bahwa Kamu Telah Menemukan Bakat Terpendam yang Selama Ini Tidak Kamu Sadari

Bagi para psikolog ruangan tidak terpakai di dalam mimpi merupakan simbolisme dari karakter diri seseorang, mereka juga mengatakan seseorang yang mengalami mimpi ini telah menemukan bakat sejatinya. Cara menyikapi mimpi ini adalah jangan cepat puas, teruslah mengeksplorasi bakatmu lewat kemampuan yang kamu miliki. Semakin banyak kamu mengasah bakat, maka semakin banyak peluang terbuka dalam hidupmu.(*)