Kanal

Tak Ada Serangan Fajar, Tapi Inilah Temuan Panwaslu Bangka

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen (Pol) Anton Wahono bersama Bupati Bangka H Tarmizi Saat, Rabu (15/2/2017) meninjau TPS 01 Air Anyut Kelurahan Kuday. - Bangkapos/Nurhayati

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka M Subhan menilai tahap pelaksanaan pemungutan hingga perhitungan suara pada Pemilukada Babel Tahun 2017 sudah berjalan dengan baik. Kendati demikian pihaknya tidak menutup mata masih adanya kecurangan-kecurangan.

"Contoh ada pemilih yang salah tempat TPS oleh KPPS los seperti itu saja. Itu temuan kita cuma itu sudah kita klarifikasi. Kita juga minta penjelasan penyelesaiannya kita selesaikan di TPS-nya itu yang diketahui saksi, Pengawas TPS dan KPPS. Sudah selesai, kita juga sudah berkoordinasi dengan KPU penyelesaian itu," jelas Subhan kepada bangkapos.com, Rabu (15/2/2017) di Kantor Panwaslu Bangka.

Ia mengatakan, warga tersebut kemudian dimasukan dalam daftar pemilih tambahan dan menggunakan E-KTP.

Selain itu di TPS 17 Srimenanti ada perdebatan antara warga dengan petugas KPPS. Saat perhitungan suara dibatasi siapa yang boleh masuk ke TPS, pada saat itu warga yang ingin melihat perhitungan suara tersebut tidak menerima tidak diperbolehkan masuk ke TPS.

Sedangkan untuk serangan fajar sejauh yang diamati mereka, tidak ada. Hanya saja untuk dugaan black campaign terhadap paslon nomor empat mengenai Hutan Tanaman Industri (HTI) menurutnya saat ini sedang proses oleh gakumdu.

Selain itu ada temuan selebaran kampanye pada masa tenang menjelang hari H pencoblosan pemilukada tetapi pelakunya tidak tertangkap secara langsung.

"Selebaran calon urut nomor dua tapi tidak terlampau banyak ada di depan Rumah Sakit Arsani dan di daerah Rebo. Ini juga kalau di daerah lain dihamburkan. Karena keduluan ditangkap di Bangka mungkin mereka ini pembagian wilayah tapi tidak OTT (Operasi Tangkap Tangan-red) mobilnya bergerak cepat," ungkap Subhan.

Selebaran tersebut berisikan 22 Janji Kerja Rustam-Irwansyah.

Dia mengatakan untuk pemungutan suara ini pihak Panwaslu Kabupaten Bangka tetap mengawal hingga distribusi kotak suara dan hasil perhitungan suara dari TPS ke PPK untuk rekapitulasi.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com

Video Detik-detik dan Kronologi Anggota TNI Dikeroyok 7 Petugas Parkir setelah Terlibat Cekcok

Berita Populer